Senin 04 Jul 2022 17:30 WIB

Menhan Swedia: Donald Trump Ancam Perang Dagang Saat Tuntut Pembebasan Rapper A$AP Rocky

Tiga tahun lalu A$AP Rocky ditangkap di Swedia.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Reiny Dwinanda
  Rapper AS A$AP Rocky alias Rakim Mayers tampil di panggung utama Royal Arena Festival edisi ke-20, di Biel, Swiss, 18 Agustus 2019. Menhan Swedia menyebut mantan Presiden AS Donald Trump mencoba mengancam negaranya agar membebaskan Rocky dari tuntutan hukum.
Foto:

Keterlibatan Trump dalam upaya pembebasan Rocky di Swedia terjadi atas permintaan rapper Kanye West. Trump yang saat itu menjabat presiden AS kemudian men-tweet dukungannya untuk warga asli New York City tersebut.

"Sangat kecewa dengan Perdana Menteri Stefan Lofven karena tidak dapat bertindak. Swedia telah mengecewakan Komunitas Afrika-Amerika kami di Amerika Serikat," tulis dia.

"Saya melihat rekaman A$AP Rocky, dia terlihat diikuti dan dilecehkan oleh pembuat onar. Perlakukan orang Amerika dengan adil. #FreeRocky," tulis Trump pada saat itu.

Di sisi lain, Rocky telah mengecilkan peran Trump dalam pembebasannya. "Pada kenyataannya, saya tidak punya masalah untuk mengucapkan terima kasih kepada pria itu, terutama jika dia membantu saya," kata Rocky dalam film dokumenter Stockholm Syndrome pada 2021.

"Itulah narasi yang mereka dorong: 'Bahwa dia mengeluarkan saya’. Dan dia tidak membebaskan saya. Justru, dia membuatnya sedikit lebih buruk," papar Rocky lagi dalam film itu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement