Jumat 01 Jul 2022 00:40 WIB

Minuman Paling Sempurna untuk Pengidap Diabetes

Pengidap diabetes perlu mengelola kadar gula darahnya.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Reiny Dwinanda
Pemeriksaan kadar gula darah. Jaga kadar gula darah dengan menerapkan pola hidup sehat. Salah satunya dengan mencukupi kebutuhan air putih.
Foto:

Tips umum untuk menurunkan gula darah

Selain dengan air, mengurangi karbohidrat yang memiliki indeks glikemik (GI) tinggi juga dapat membantu menurunkan kadar gula darah. GI tinggi menyebabkan karbohidrat dipecah dengan cepat oleh tubuh Anda dan memicu peningkatan glukosa darah yang cepat.

photo
Jenis-jenis tes gula darah. - (Republika)

 

Makanan GI tinggi meliputi gula dan makanan manis, minuman ringan manis, roti putih, kentang, dan nasi putih. Sementara itu, makanan dengan GI rendah atau sedang dipecah lebih lambat dan menyebabkan kenaikan kadar gula darah bertahap dari waktu ke waktu.

Beberapa makanan GI rendah misalnya, gandum, buah, sayuran,  kacang-kacangan , dan lentil. Ini adalah makanan yang direkomendasikan sebagai bagian dari diet yang sehat dan seimbang.

Namun, seperti yang ditunjukkan layanan kesehatan nasional di Inggris, National Health Service (NHS), menggunakan GI untuk memutuskan apakah makanan atau kombinasi makanan itu sehat bisa menyesatkan. Sebab, makanan dengan GI tinggi belum tentu tidak sehat dan tidak semua makanan dengan GI rendah itu sehat.

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement