Rabu 29 Jun 2022 08:30 WIB

Ingin Menua dengan Sehat? Lakukan 6 Kebiasaan Ini Setiap Pagi

Melakukan kebiasaan baik di pagi hari bisa membuat menua lebih sehat.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Nora Azizah
Melakukan kebiasaan baik di pagi hari bisa membuat menua lebih sehat.
Foto:

Berjalan Kaki

Latihan fisik yang dilakukan secara rutin bisa membantu menunjang kesehatan serta kebugaran tubuh. Peran aktivitas fisik bagi kesehatan akan semakin penting, seiring dengan bertambahnya usia.

Salah satu latihan fisik yang direkomendasikan oleh banyak ahli adalah berjalan kaki cepat. Latihan yang cenderung ringan ini bisa memberikan manfaat kesehatan yang sama seperti latihan fisik yang lebih agresif.

Upayakan untuk berjalan kaki setidaknya 30 menit sebanyak lima hari dalam sepekan. Bila mampu berjalan kaki dengan durasi yang lebih lama, akan lebih baik.

 

Peregangan

Latihan fleksibilitas atau kelenturan tubuh dapat menjaga kelenturan sendri. Waktu terbaik untuk melakukan latihan kelenturan adalah setelah melakukan aerobik berintensitas sedang atau latihan ketahanan.

Personal trainer bersertifikasi Jordan Hosbein NASM CPT merekomendasikan satu rangkaian peregangan tubuh penuh. Masing-masing gerakan dalam rangkaian peregangan ini bisa dilakukan selama 10-20 detik. Berikut ini adalah rangkaian peregangan tersebut.

1. Menyentuh Jari Kaki: Bungkukkan tubuh dengan kaki tetap lurus tak menekuk dan tangan menjulur ke arah lantai. Secara perlahan, coba gapai jari kaki dan tahan posisi tersebut sejenak.

2. Bangkir untuk Melakukan Peregangan: Luruskan kembali tubuh dan angkat tangan ke arah langit-langit. Luruskan tangan seakan ingin menjangkau langit-langit. Tahan sejenak posisi ini.

3. Peregangan Batang Tubuh: Posisikan kedua lengan lurus ke atas lalu condongkan tubuh ke arah kiri sampai merasakan ada regangan lembut di sisi kanan tubuh. Lakukan gerakan serupa ke arah berlawanan.

4. Peregangan Pundak: Julurkan lengan kanan ke depan, lalu tarik dengan tangan kiri hingga lengan kanan menyentuh dada. Lakukan gerakan serupa ke arah yang berlawanan.

5. Peregangan Quadricep: Pegangan pada bangku untuk menjaga keseimbangan, lalu dorong kaki kanan ke arah belakang dan pegang kaki tersebut dengan tangan hingga terasa ada regangan di paha. Lakukan gerakan serupa ke arah sebaliknya.

6. Peregangan Betis: Posisikan tubuh berdiri dengan kaki kanan di depan kaki kiri. Condongkan tubuh sedikit ke depan sambil menjaga tumit kaki kanan tetap menempel di lantai. Lakukan gerakan serupa dengan sisi sebaliknya, di mana kaki kiri di depan dan kaki kanan di belakang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement