Sabtu 25 Jun 2022 00:30 WIB

Ingin Turunkan Tekanan Darah? Coba Buat Minuman Ini di Rumah

Ada minuman yang mudah dibuat di rumah untuk bantu turunkan tekanan darah.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda
Pengukuran tekanan darah (Ilustrasi). Tekanan darah tinggi dapat memberi tekanan ekstra pada pembuluh darah, jantung, dan organ lain seperti otak, ginjal, serta mata.
Foto:

Blood Pressure UK mengungkapkan bahwa kalium memainkan peran penting dalam menentukan seberapa banyak cairan yang tersimpan di dalam tubuh. Kalium juga berperan menentukan seberapa banyak cairan yang perlu dikeluarkan.

Seperti diketahui, tubuh yang menahan terlalu banyak cairan akan membuat darah membawa lebih banyak cairan. Hal ini akan memberikan tekanan tambahan pada dinding pembuluh darah dan meningkatkan tekanan darah. Untuk mencegah kelebihan cairan ini, diperlukan keseimbangan sodium dan kalium yang baik.

photo
Gejala hipertensi - (Republika)

Selain itu, tomat juga mengandung likopen yang memberikan buah tersebut warna yang merah. Likopen dikenal memiliki aktivitas antioksidan yang kuat dan memiliki kemampuan dalam menghambat oksidasi low-density lipoprotein (LDL) alias kolesterol jahat..

"(Oksidasi LDL) memainkan peran penting dalam menginisiasi dan membangun aterosklerosis (penumpukan plak di pembuluh darah)," jelas dr Amit.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement