Ahad 19 Jun 2022 09:06 WIB

Rekomendasi Aktivitas Seru Bersama Anak di Masa Liburan

Mengisi waktu liburan tidak harus selalu dengan pelesir ke suatu tempat.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Reiny Dwinanda
Aktivitas bermain sambil belajar dapat menjadi ide mengisi liburan sekolah anak.
Foto:

Salah satu contohnya adalah aktivitas seni, yang efektif mendorong kemampuan sensorik dan motorik anak. Jangan sampai si kecil hanya menghabiskan waktu liburan untuk bermain gawai atau bermalas-malasan saja. Tentunya, itu butuh peran aktif orang tua.

Ragam aktivitas seni itu termasuk melukis, membuat kerajinan tangan, menari, bernyanyi, dan masih banyak lagi. Orang tua didorong untuk memadupadankan aktivitas agar lebih menarik, seperti melukis di kanvas, menghias mug, atau melakukan stamping di tas kanvas polos.

Sebelum memulai aktivitas, orang tua bisa mengawali dengan storytelling yang memicu imajinasi dan meningkatkan keterampilan berkomunikasi anak. Mereka pun jadi lebih antusias dan tertarik saat kegiatan dimulai. Jangan lupa pula untuk mendengarkan cerita anak dan menanyakan keinginannya.

"Jadikan liburan sebagai momen pendekatan personal dengan anak. Lakukan berbagai hal yang memunculkan keceriaan anak, bukan hal yang dipaksakan. Cari tahu aktivitas yang benar-benar disukai anak, yang bisa diketahui lewat ngobrol santai," ungkap Tita.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement