Kamis 16 Jun 2022 17:16 WIB

Jangan Salah Pilih, Makanan Nabati Juga Bisa Tingkatkan Risiko Kanker

Tidak semua makanan nabati bagus untuk pencegahan kanker.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Reiny Dwinanda
Pola makan nabati tidak semuanya baik untuk pencegahan kanker (Ilustrasi). Pola makan nabati yang sehat harus mencakup makanan yang mengandung zat besi, zinc, kalsium, dan vitamin B12.
Foto:

Kandidat doktor dalam bidang epidemiologi di Paris-Saclay University, Prancis, mengatakan bahwa pola makan nabati terbaik untuk pencegahan kanker payudara mencakup pola makan nabati yang sehat. Makanannya terdiri dari buah, sayuran, biji-bijian, kacang-kacangan, dan polong-polongan.

Sebaliknya, pola makan nabati yang tidak sehat terdiri dari asupan lebih tinggi dari produk olahan yang berasal dari tumbuhan seperti biji-bijian olahan, jus buah, permen, dessert, dan kentang. Pilihan makanan nabati tersebut akan meningkatkan risiko kanker payudara.

Temuan ini sejalan dengan sejumlah penelitian terbaru yang menunjukkan bahaya makanan nabati yang diproses dengan salah. Faktanya, ada bukti bahwa makanan nabati ultra olahan tertentu bisa sama berbahayanya bagi kesehatan seperti junkfood. Jenis makanan ini terkait erat dengan risiko penyakit jantung, obesitas, dan diabetes yang lebih tinggi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement