Selasa 14 Jun 2022 19:44 WIB

Mager Bisa Tingkatkan Risiko Serangan Jantung, Kenali Olahraga yang Aman Sesuai Usia

Mager alias malas gerak bisa meningkatkan risiko serangan jantung.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Reiny Dwinanda
Olahraga (ilustrasi). Malas gerak dapat membuat orang mengalami peningkatan berat badan hingga alami darah tinggi, kolesterol, dan diabetes. Hal itu merupakan faktor risiko serangan jantung.
Foto:

Menurut dr Denio, gaya hidup sedenter identik dengan generasi muda. Karenanya, dia mengingatkan generasi muda untuk melawan rasa malas bergerak dan lebih aktif berolahraga.

"Olahraga yang dilakukan bisa aerobik atau anaerobik. Seperti lari, bersepeda, berenang, atau bahkan sepakbola. Kombinasikan dengan angkat beban juga lebih baik," kata dr Denio.

Berbeda dengan generasi muda, individu yang berusia 40 tahun ke atas disarankan untuk melakukan pemeriksaan jantung terlebih dahulu atau berkonsultasi dengan dokter sebelum mulai berolahraga. Hal ini penting, menurut dr Denio, untuk mencegah kemungkinan buruk saat berolahraga.

"Intinya, kalau usia sudah 40 tahun ke atas, harus lebih selektif olahraganya. Pilih olahraga yang aman untuk jantung atau masalah kesehatan lain, karena yang penting bukan berat atau tidaknya, tapi konsistensinya," jelas dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement