Selasa 14 Jun 2022 00:30 WIB

4 Jenis Olahraga Ini Bagus untuk Dirutinkan Bagi Pengidap Tekanan Darah Tinggi

Tekanan darah tinggi bisa diturunkan dengan diet sehat dan olahraga rutin.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Reiny Dwinanda
Bersepeda (ilustrasi). Bersepeda, jalan kaki, latihan beban, dan berenang dapat membantu menurunkan tekanan darah.
Foto:

4. Renang

Orang dewasa di atas 60 tahun sangat diuntungkan dengan berenang secara teratur. Latihan ini membantu pasien mengontrol tekanan darah, bahkan dapat menurunkan pembacaan sistolik hingga 9 mmHg.

"Manfaat olahraga tidak akan terwujud jika olahraga tidak berkelanjutan. Jadi, teori "gunakan atau hilangkan" itu benar. Anda bisa kehilangan keuntungan setelah berhenti berolahraga selama dua pekan," kata Tyree, dilansir Express, Senin (13/6/2022).

Tyree mengatakan melakukan olahraga sedang selama 150 menit per pekan atau olahraga berat selama 75 menit per pekan adalah rekomendasi standar. Anda juga bisa menurunkan tekanan darah dengan membuat beberapa perubahan pada diet (pola makan) harian. Cara termudah untuk menurunkan tekanan darah adalah dengan mengurangi jumlah garam.

Orang dewasa harus menghindari makan lebih dari 6 gram garam dalam periode 24 jam, setara dengan sekitar satu sendok teh. Setiap orang yang berusia di atas 40 tahun harus memeriksakan tekanan darahnya setidaknya setiap lima tahun sekali.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement