Ahad 12 Jun 2022 17:09 WIB

Inilah 13 Manfaat Bunga Wijaya Kusuma, Tak Hanya Cantik tapi Juga Menyehatkan!

Tidak hanya cantik dan menyimpan banyak mitos, ternyata ada banyak sekali manfaat bunga wijaya kusuma untuk kesehatan dan kecantikan.

Rep: cermati.com/ Red: cermati.com
Inilah 13 Manfaat Bunga Wijaya Kusuma, Tak Hanya Cantik tapi Juga Menyehatkan!
Inilah 13 Manfaat Bunga Wijaya Kusuma, Tak Hanya Cantik tapi Juga Menyehatkan!

Tanaman hias kerap dirawat karena keindahan dan kecantikannya. Akan tetapi, tahukah kamu jika tidak sedikit jenis tanaman hias yang ternyata juga menyimpan segudang manfaat yang berharga untuk kesehatan? Salah satu contohnya adalah bunga wijaya kusuma yang telah lama menjadi incaran banyak pecinta tanaman hias. 

Wijaya kusuma sendiri adalah jenis bunga yang tergolong unik dan mudah untuk dirawat, khususnya oleh masyarakat Indonesia. Alasannya karena tidak hanya memiliki tampilan yang cantik nan menawan, bunga ini juga dapat bertahan pada iklim tropis selayaknya di Indonesia. Tidak hanya itu, bunga wijaya kusuma juga kental akan mitos karena diyakini mampu memberikan kelancaran rezeki dan keberuntungan.

Tapi, terlepas dari semua itu, bunga dengan nama ilmiah Epiphyllum Oxypetalum tersebut ternyata mampu memberikan banyak manfaat, tidak hanya untuk kesehatan, tapi juga kecantikan. Nah, agar tak penasaran, simak beragam manfaat bunga wijaya kusuma yang sayang jika dilewatkan berikut ini.

Baca Juga: Sering Mengonsumsi Bunga Kecombrang? Inilah Manfaat yang Bisa Didapatkan

13 Manfaat Bunga Wijaya Kusuma

Manfaat Bunga Wijaya Kusuma

Manfaat Bunga Wijaya Kusuma

  1. Bantu Menyembuhkan Luka

    Bunga wijaya kusuma diketahui mampu membantu proses penyembuhan luka luar. Manfaat ini bisa didapatkan dari bagian batang bunga tersebut, yang telah ditumbuk dengan halus, lalu dioleskan pada bagian tubuh yang terluka. 

    Dengan melakukan hal ini, luka pada kulit diklaim bisa kering dengan lebih cepat sehingga mempercepat proses penyembuhannya. Tidak hanya membuat luka lebih cepat kering, tanaman herbal ini juga mampu menghindarkan dari potensi infeksi yang bisa memicu masalah kesehatan serius. Oleh karena itu, jangan ragu untuk menggunakan bunga wijaya kusuma saat mengalami luka pada kulit untuk mempercepat penyembuhannya. 

  2. Jadi Obat Alternatif Penyakit TBC

    TBC atau Tuberkulosis merupakan penyakit serius yang tidak seharusnya dianggap enteng oleh penderitanya. Memiliki gejala umum batuk berdahak, penyakit ini perlu diatasi dengan segera agar tak sampai berisiko membahayakan nyawa penderitanya. Salah satu cara untuk mengobatinya adalah dengan memanfaatkan bunga wijaya kusuma ini.

    Sebagai obat tradisional, kamu bisa mendapatkan manfaat tersebut dengan cara yang tidak terlalu rumit. 

    • Pertama, siapkan 3 sampai 5 kuntum wijaya kusuma bunga dan tambahkan dengan air sebanyak 3 gelas. 
    • Lalu, tambahkan pula gula aren sekitar 15 gram, dan rebus sampai air hanya tersisa sekitar satu gelas. 
    • Kemudian, saring air rebusannya, dan langsung minum setelah dingin sebanyak 2 kali dalam sehari. 
  3. Atasi Masalah Pernapasan

    Tanaman herbal ini juga disinyalir mengandung zat kimia yang diklaim mampu mengobati beragam masalah pernapasan, seperti sesak napas dan asma. Untuk mendapatkan manfaat ini, kamu hanya perlu mencuci bunganya yang masih segar sebanyak 3 sampai 5 kuntum, dan tambahkan air dan gula batu secukupnya. 

    Setelah itu, rebus sampai airnya menyusut, lalu saring air rebusannya. Kemudian, biarkan di suhu ruang hingga dingin, dan minum sebanyak 2 kali dalam sehari untuk mendapatkan khasiatnya secara optimal. 

  4. Meredakan Masalah Radang Tenggorokan

    Karena memberikan cita rasa mirip mint yang menyegarkan, salah satu manfaat bunga wijaya kusuma adalah untuk meringankan gejala yang ditimbulkan oleh radang tenggorokan. 

    Untuk bisa mendapatkan manfaat ini pun caranya tidak jauh berbeda dengan yang telah disebutkan sebelumnya. Yakni, dengan merebusnya dengan air, lalu mengonsumsinya sebanyak 2 kali sehari. 

  5. Berkhasiat Menyembuhkan Perdarahan pada Rahim

    Kebanyakan orang mungkin tidak percaya akan manfaat bunga wijaya kusuma yang satu ini. Ya, wijaya kusuma bunga juga bisa dimanfaatkan untuk menyembuhkan perdarahan rahim. Dengan cara mengonsumsi air rebusannya, kamu bisa langsung membuktikan kebenaran khasiat dari tanaman ini.

  6. Mengatasi Bisul secara Alami

    Bisul merupakan masalah kulit yang terjadi dengan gejala berupa munculnya benjolan merah dan berisi nanah. Menimbulkan rasa nyeri saat disentuh, bisul bisa menjadi masalah kesehatan yang begitu mengganggu jika muncul di bagian tubuh tertentu. Untuk itu, tidak sedikit orang berusaha melakukan segala cara untuk menyembuhkannya dengan segera. 

    Salah satunya adalah dengan menggunakan tanaman herbal ini. Ramuan dari bunga wijaya kusuma diyakini mampu mempercepat proses penyembuhan penyakit bisul secara alami. Caranya cukup mudah, yakni cuci bunga wijaya kusuma hingga bersih, lalu tumbuk dan tempelkan pada bagian kulit yang terkena bisul. 

  7. Menghilangkan Masalah Bau Badan

    Tak sedikit orang mengalami masalah pada bau badan hingga membuatnya merasa tidak percaya diri. Selain menyiasatinya dengan menggunakan parfum, masalah bau badan ini pun bisa kamu hilangkan dengan memanfaatkan bunga ini.

    Simpel, kamu hanya perlu menambahkan beberapa kuntum bunga ini saat mandi atau berendam agar mengatasi masalah bau badan yang sukar dihilangkan. Dijamin masalah tersebut tidak akan kamu alami dan tak lagi menurunkan rasa percaya diri. 

  8. Efektif Mencegah Risiko Penyakit Stroke

    Tidak berhenti sampai di situ, khasiat lain yang dimiliki oleh tanaman hias ini adalah untuk mencegah risiko penyakit stroke. Bukan rahasia lagi jika stroke adalah penyakit mematikan yang bisa menyerang siapa saja. Nah, dalam bunga wijaya kusuma, terdapat kandungan yang diyakini mampu menangkal terjadinya penyumbatan dan penggumpalan darah yang bisa memicu berbagai penyakit kardiovaskular. 

  9. Mampu Meredakan Penyakit Gastritis

    Gastritis merupakan masalah kesehatan yang mampu menyebabkan rasa nyeri dan sakit pada lambung. Untuk mengatasinya, penderita penyakit tersebut perlu mengonsumsi makanan yang mempunyai kandungan Ph netral, contohnya bunga wijaya kusuma ini. Oleh karena itu, jika kamu menderita gastritis, cobalah untuk meminum air rebusan bunga wijaya kusuma untuk meredakan gejalanya.

  10. Mengatasi Hematemesis atau Muntah Darah dengan Baik

    Hematemesis atau muntah darah adalah kondisi kesehatan yang berbahaya dan perlu ditanggapi serius oleh penderitanya. Saat mengalami kondisi tersebut, penderitanya diharuskan untuk melakukan pengobatan dengan tepat dan segera.

    Sebagai pertolongan pertama, bunga herbal ini bisa menjadi salah satu cara efektif untuk mengobati masalah hematemesis atau muntah darah. Sama dengan cara sebelumnya, minum air rebusan tanaman ini dengan teratur guna mendapatkan hasil dengan lebih maksimal dan optimal.

  11. Obat Alami untuk Mengatasi Jerawat

    Selain memberi manfaat untuk kesehatan di atas, bunga wijaya kusuma juga mampu memberi banyak manfaat untuk kecantikan, lho! Salah satunya yaitu mengatasi masalah jerawat pada kulit wajah yang sering kali menjadi momok banyak orang. 

    Akan tetapi, manfaat tanaman tersebut untuk kecantikan ini masih perlu dibuktikan lebih lanjut terkait kebenaran dan tingkat efektivitasnya dalam menumpas jerawat. Namun, bunga ini termasuk aman untuk digunakan jadi tidak ada salahnya untuk mencobanya guna menghilangkan masalah jerawat yang sukar dihilangkan. 

  12. Solusi untuk Mengatasi Masalah Pencernaan dan Susah BAB

    Masalah pencernaan dan susah BAB mampu menjadi gangguan kesehatan yang bisa berakibat buruk jika tidak ditangani dengan tepat. Pasalnya, secara berkala, tubuh perlu membuang zat atau limbah yang tidak lagi dibutuhkan agar tidak terus tersimpan dan menumpuk.

    Nah, untuk mengatasi masalah tersebut, kamu bisa memanfaatkan bunga wijaya kusuma ini. Caranya dengan merebus bagian bunga dan batang sekitar 20 gram dari tanaman herbal tersebut dengan air sebanyak 500 cc. Setelah itu, campurkan lidah buaya tanpa kulit sekitar 70 gram.

    Rebus racikan tersebut selama beberapa waktu, atau sampai air rebusannya tertinggal setengah dari jumlah rebusan awalnya. Lalu, diamkan air rebusan tersebut dan minum saat sudah dingin.

  13. Mengontrol Masalah Hipertensi atau Tekanan Darah Tinggi

    Manfaat bunga wijaya kusuma yang terakhir adalah menurunkan hipertensi. Tekanan darah tinggi yang tidak segera ditangani bisa menjadi penyebab banyak penyakit mematikan. 

    Untuk itu, kamu perlu mengontrolnya dengan cara meminum air rebusan tanaman herbal ini secara rutin dan teratur. Sedikit berbeda dari cara sebelumnya, kamu perlu menambahkan jamur kuping hitam sebanyak 15 gram, serta akar alang-alang sebanyak 75 gram guna memaksimalkan khasiat yang satu ini.

Baca Juga: Bukan Cuma Usir Nyamuk, Ini 10 Manfaat Bunga Lavender Lainnya

Tidak Sekadar Indah, Rasakan Pula Manfaat Menyehatkan Bunga Wijaya Kusuma

Siapa yang menyangka jika ternyata di balik keindahan bunga wijaya kusuma tersimpan segudang manfaat yang berharga untuk kesehatan dan kecantikan. Asalkan tahu cara mendapatkannya, tanaman herbal ini bisa menjadi solusi untuk atasi berbagai masalah kesehatan yang mungkin tengah diderita oleh seseorang. Jadi, pastikan untuk tak sekadar menikmati keindahannya dan tak melewatkan manfaat menyehatkan dari jenis tanaman hias ini.

Baca Juga: Tak Hanya Cantik, Ini Beragam Khasiat Bunga Telang untuk Kesehatan

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Cermati.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Cermati.com.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement