Jumat 10 Jun 2022 12:26 WIB

BTS Comeback Lewat Video Musik 'Yet to Come'

RM, Suga, dan J-hope berpartisipasi dalam menulis lagu 'Yet to Come'.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Nora Azizah
Grup K-pop BTS resmi comeback dengan album antologi Proof, Jumat (10/6/2022).
Foto: EPA-EFE/DAVID SWANSON
Grup K-pop BTS resmi comeback dengan album antologi Proof, Jumat (10/6/2022).

REPUBLIKA.CO.ID, SEOUL -- Grup K-pop BTS resmi comeback dengan album antologi Proof, Jumat (10/6/2022). Grup beranggotakan tujuh orang itu merilis album antologi Proof bersama dengan video musik untuk lagu utama “yet to Come”.

“Yet to Come” adalah lagu hip hop alternatif yang menggunakan gaya sampling chipmunk soul. RM, Suga, dan J-hope berpartisipasi dalam menulis lagu, yang mengungkapkan pesan penuh harapan bahwa momen terbaik belum datang.

Baca Juga

Unutk perayaan ulang tahun kesembilan BTS, Proof akan merangkum diskografi grup melalui trek yang dipilih secara pribadi oleh anggota BTS, yang mencerminkan pemikiran mereka pada masa lalu, sekarang, dan masa depan mereka.

“Saya selalu gugup ketika kami merilis lagu baru untuk pertama kalinya. Saya harap banyak orang menyukainya,” kata RM sebelum perilisan album dilansir Soompi, Jumat (10/6/2022).

 

Leader BTS itu menjelaskan Proof adalah album spesial yang merangkum Bab 1 dari cerita BTS saat menghadapi ulang tahun kesembilan debut grup. “Karena fokus album ini adalah pesan kami untuk penggemar kami yang telah bersama kami selama sembilan tahun terakhir, kami memberikan perhatian paling besar pada lirik kami,” ujar rapper bernama Kim Nam-joon itu.

Jin mengatakan Proof adalah album yang merangkum sejarah BTS, di mana album ini mengingatkan kenangan yang berbeda dari sembilan tahun terakhir. Dia bahkan akan selalu mendengarkan album baru ini. “Karena ada lagu-lagu baru dan lagu-lagu yang belum pernah dirilis di album, para penggemar juga dapat menikmati mendengarkannya,” kata Jin.

Suga menjelaskan BTS memberi perhatian cermat tentang bagaimana pengaturan lagu dalam album, yang merangkum sejarah BTS. “Jika Anda mendengarkan album mulai dari lagu pertama, akan ada kesenangan tersendiri dalam mendengarkannya (secara berurutan),” ujar Suga.

Rapper bernama Min Yoon-gi itu merasa terhormat BTS dapat mengabadikan perjalanan selama sembilan tahun terakhir dalam album baru Proof. J-hope mengungkapkan kegembiraannya dapat merilis album istimewa ini.

“Proof adalah album yang merangkum biografi BTS dan (penggemar kami) ARMY, dan itu semua lebih istimewa karena kenangan dan waktu bersama kami terekam di dalamnya," kata J-hope.

Jimin mengaku merasa senang, sekaligus aneh merilis album baru yang dikerjakan dalam waktu lama itu. “Saya merasa itu menjadi lebih istimewa karena (mengerjakan album) memungkinkan saya membaca dengan teliti emosi anggota lain serta emosi saya sendiri, dan karena kami dapat membicarakannya bersama-sama,” ujar Jimin.

V berharap album baru ini akan menjadi hadiah berharga bagi para penggemar yang selalu mendukung dan membuat sejarah bagi BTS. Jungkook merasa seperti baru saja menulis buku yang sangat tebal. 

“Ini adalah album yang melakukan pekerjaan dengan baik dalam menyampaikan cerita BTS hingga saat ini, serta perasaan kami saat ini,” kata Jungkook.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement