Jumat 27 May 2022 13:55 WIB

Ini yang Dirasakan Pasien Saat Kena Cacar Monyet

Kasus cacar monyet di berbagai negara terus bertambah.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda
Foto yang dipasok CDC pada 1997 memperlihatkan kulit lengan kanan dan dada seorang pasien ditumbuhi lesi cacar monyet. Selama lesi masih ada, pasien cacar monyet masih bisa menularkan penyakitnya.
Foto:

National Health Service (NHS) mengungkapkan bahwa apa yang dialami Zaeske saat itu juga umum dialami oleh pasien cacar monyet pada wabah kali ini. Menurut NHS, beberapa gejala awal yang mungkin dialami oleh pasien cacar monyet adalah demam tinggi, sakit kepala, nyeri otot, nyeri punggung, bengkak pada kelenjar getah bening, menggigil, dan lelah.

Sementara itu, gejala berupa ruam atau lenting khas cacar monyet baru akan muncul sekitar satu hingga lima hari setelah gejala awal terjadi. Ruam ini biasanya akan muncul di area wajah terlebih dahulu, lalu menyebar ke bagian tubuh lainnya.

Ruam ini mulanya akan muncul seperti spot kecil yang tampak menonjol lalu menjadi lentingan berisi cairan. Lentingan ini kemudian akan berubah jadi keropeng. Setelahnya, keropeng tersebut akan mengelupas atau rontok dari kulit.

Orang-orang yang mengalami cacar monyet perlu menghubungi dokter dan menjalani isolasi mandiri di rumah. Hindari kontak erat dengan orang lain untuk mencegah terjadinya penularan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement