Kamis 26 May 2022 23:21 WIB

Jangan Jongkok Saat di WC Duduk Umum, Ini Kata Dokter

Jangan lupa cuci tangan setiap kali dari toilet umum.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Qommarria Rostanti
Dokter menyarankan Anda agar tidak jongkok saat di wc duduk umum. (ilustrasi).
Foto: www.freepik.com
Dokter menyarankan Anda agar tidak jongkok saat di wc duduk umum. (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Saat menggunakan toilet umum, Anda mungkin merasa jijik. Apalagi jika toilet yang tersedia adalah toilet duduk. Anda mungkin lebih memilih menggunakannya dengan berjongkok atau melapisinya dengan tisu jika terpaksa harus duduk.

Dr Preethi Daniel mengatakan, Anda tidak perlu khawatir tertular penyakit menular seksual dari toilet umum karena kemungkinannya sangat kecil. "Untuk tertular penyakit ini, kuman harus berpindah langsung dari dudukan toilet ke saluran genital Anda, atau melalui luka terbuka atau luka di kaki Anda atau pantat," ujarnya seperti dilansir di laman Mirror, Kamis (26/5/2022).

Baca Juga

Satu-satunya penyakit yang berisiko Anda dapatkan dari dudukan toilet umum adalah E-coli atau Salmonella. Namun tidak menutup kemungkinan Anda berisiko lebih lanjut.

Dia memperingatkan, Anda bisa berada dalam bahaya terkena infeksi saluran kemih jika melakukan hal-hal seperti jongkok lalu terburu-buru keluar toilet. "Jongkok yang Anda lakukan untuk menghindari menyentuh dudukan toilet dan terburu-buru keluar dari bilik toilet dapat membuat Anda infeksi urine," ujarnya.

Dengan tidak mengosongkan kandung kemih sepenuhnya, terburu-buru, atau jongkok, Anda mengekspos tubuh Anda pada bakteri yang berpotensi berbahaya. Satu-satunya saran dr Daniel dalam masalah toilet umum adalah melakukan pekerjaan yang baik dengan mencuci tangan dengan sabun maupun pembersih tangan.

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement