Ahad 15 May 2022 08:57 WIB

Aktivitas Fisik Seperti Ini Bagus untuk Orang yang Rentan Masalah Kejiwaan

Aktivitas sederhana sehari-hari pun bermanfaat untuk kesehatan mental.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Reiny Dwinanda
Jalan kaki (ilustrasi). Penelitian membuktikan, orang yang rentan terhadap masalah kejiwaan tampaknya mendapat manfaat lebih dari aktivitas sederhana, seperti berjalan dan naik turun tangga.
Foto:

Pemindaian otak juga dilakukan pada kelompok terpisah yang terdiri dari 83 orang untuk memeriksa proses yang terlibat. Ini menunjukkan bahwa area otak yang disebut korteks cingulate subgenual.
 
Tost menjelaskan, orang dengan volume materi otak abu-abu yang lebih kecil di wilayah itu dan punya risiko gangguan kejiwaan yang lebih tinggi merasa kurang berenergi ketika mereka tidak aktif secara fisik. Namun, setelah aktivitas sehari-hari, orang-orang ini merasa lebih dipenuhi energi daripada orang dengan volume otak yang lebih besar.
 
Prof Andreas Meyer-Lindenberg, penulis studi lain dalam tim, menyimpulkan bahwa hasil studi menunjukkan bahwa aktivitas fisik dalam kehidupan sehari-hari bermanfaat bagi kesejahteraan mental, khususnya pada orang yang rentan terhadap gangguan kejiwaan. Meski demikian, para periset menyampaikan perlunya studi lanjutan.
 
"Masih harus dipelajari apakah aktivitas sehari-hari dapat mengubah kesejahteraan dan volume otak dan bagaimana hasil ini dapat membantu mencegah dan mengobati gangguan kejiwaan," ungkap salah satu peneliti, Urs Braun.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement