Jumat 13 May 2022 05:10 WIB

6 Minuman Ini Jangan Dikonsumsi Saat Cuaca Panas, Bisa Picu Dehidrasi

Tidak semua minuman dingin baik dikonsumsi saat cuaca panas.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Nora Azizah
Tidak semua minuman dingin baik dikonsumsi saat cuaca panas.
Foto:

5. Minuman energi

Sama seperti soda, minuman energi mengandung gula, tetapi juga menggandakan kafein dan bahan kimia lain yang dapat membuat Anda dehidrasi dalam jangka panjang. Menurut CDC, minuman energi tidak hanya dapat menyebabkan efek kesehatan yang merugikan tetapi juga dapat menyebabkan dehidrasi.

Alasannya karena minuman energi biasanya mengandung kafein, gula, dan bahan kimia serta aditif dalam jumlah tinggi. Dalam tinjauan sistemik dan meta-analisis baru-baru ini yang diterbitkan di Sports Health, para peneliti melihat potensi efek buruk dari konsumsi minuman energi. Mereka meninjau 32 penelitian dengan 96.549 peserta dan menemukan beberapa efek samping termasuk peningkatan buang air kecil yang merupakan kejadian terkait ginjal.

 

6. Es teh

Tidak ada yang terdengar lebih menyegarkan daripada meminum segelas es teh dingin di teras selama hari musim panas yang terik. Sayangnya minuman dengan dan gula dan kafein bisa membuat tubuh dehidrasi.

“Beberapa minuman yang membuat Anda dehidrasi termasuk minuman seperti es teh. Minuman ini sering dikaitkan dengan pelepas dahaga tetapi pada kenyataannya dapat menyebabkan kebutuhan lebih banyak hidrasi,” kata ahli diet Shena Jaramillo.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement