Rabu 11 May 2022 00:25 WIB

Daftar Tempat yang Berisiko Tinggi Jadi Pusat Penyebaran Omicron BA.2

Kenali daftar tempat yang membuat orang berisiko tinggi kena omicron BA.2.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Reiny Dwinanda
Restoran TAR, Pekan Chow Kit, Kuala Lumpur, Malaysia, Selasa (6/4/2022). Restoran termasuk salah satu tempat yang rawan penularan omicron BA.2.
Foto:

3. Panti jompo, penjara, dan asrama

Sejak awal pandemi, Covid-19 telah terbukti menjadi ancaman bagi lansia. Walaupun data terbaru dari CDC menunjukkan bahwa dosis booster secara signifikan membantu penghuni panti jompo menghindari penyakit yang parah, panti jompo dan fasilitas tempat tinggal lainnya masih rentan terhadap wabah besar.

Sebanyak 17 panti jompo di Winnipeg, Kanada, melaporkan kasus baru pekan lalu. Tidak hanya itu, sebuah penjara wanita di Vermont juga mencatat kenaikan kasus pada akhir April, seperti halnya beberapa fasilitas perawatan jangka panjang di negara bagian tersebut.

photo
Infografis rekombinan omicron. - (Republika)

4. Restoran

Andrew Noymer, seorang ahli epidemiologi dan demografi yang mempelajari penyakit menular di University of California, mengatakan bahwa Covid-19 menyebar di dalam ruangan. Ia pun menyerukan masyarakat untuk mewaspadainya.

"Di mana pun Anda berada di dalam ruangan, di situlah penyebarannya," kata Noymer.

Boden-Albala mencatat bahwa BA.2 menyebar di dalam ruangan, seperti restoran, d imana pengunjung bisa berbagi makanan dan minuman dan melepas masker. Bagaimana dengan di kabin pesawat?

Pesawat biasanya kurang berisiko karena sistem filter udaranya yang kuat. Namun, seseorang masih dapat tertular Covid-19 saat terbang jika mereka duduk di dekat individu yang terinfeksi. Karenanya Noymer merekomendasikan untuk menggunakan masker N95 di pesawat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement