Rabu 11 May 2022 03:40 WIB

Minum Air Putih Sebelum Gosok Gigi Diklaim Beri Manfaat Kesehatan

Minum air putih sebelum konsumsi makanan lain diklaim tingkatkan imun tubuh

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Ilustrasi minum air putih. Menurut para ahli, minum air putih sebelum menggosok gigi di pagi hari bisa memberikan manfaat kesehatan bagi tubuh.
Foto: Foto: Republika/Yogi Ardhi
Ilustrasi minum air putih. Menurut para ahli, minum air putih sebelum menggosok gigi di pagi hari bisa memberikan manfaat kesehatan bagi tubuh.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Menggosok gigi adalah salah satu kebiasaan personal hygiene yang paling mendasar. Para ahli menyarankan untuk menggosok gigi sebanyak dua kali sehari, sekali setelah bangun tidur dan sekali sebelum tidur.

Tidak disarankan makan apapun sebelum menggosok gigi di pagi hari, namun banyak orang lebih suka minum air hangat saat perut kosong. Ini dilakukan bahkan sebelum menggosok gigi dengan alasan air akan membantu menghilangkan racun dari tubuh, memperlancar pencernaan dan hidrasi. Namun apakah minum air putih tanpa menggosok gigi termasuk kebiasaan sehat?

Menurut para ahli, minum air putih sebelum menggosok gigi di pagi hari bisa memberikan manfaat kesehatan bagi tubuh. Dilansir dari Times Now News, Selasa (10/5/2022), berikut beberapa manfaat yang dimaksud.

1. Meningkatkan imun tubuh

 

Minum air putih sebelum menggosok gigi diklaim bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh, terutama bagi mereka yang lebih rentan terhadap pilek dan flu.

2. Menyehatkan kulit

Minum air putih saat perut kosong sebelum gosok gigi dapat membantu mendapatkan kulit yang sehat dan bercahaya.

3. Meringankan gangguan pencernaan

Bagi mereka yang berjuang dengan gangguan pencernaan seperti sembelit, sering sendawa, sariawan, minum air putih saat perut kosong bisa sangat bermanfaat. Ini juga dapat membantu memerangi obesitas.

4. Baik bagi penderita diabetes

Penderita tekanan darah tinggi dan diabetes juga bisa mendapatkan manfaat dari minum air putih setiap pagi.

5. Kurangi risiko gigi berlubang

Kebiasaan ini juga mencegah penumpukan bakteri di mulut sehingga mengurangi risiko gigi berlubang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement