Kamis 05 May 2022 11:54 WIB

Covid-19 Bisa Picu Penurunan Kognitif, Bikin Otak Menua 20 Tahun

Sebagian penyintas Covid-19 mengalami penurunan kognitif.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda
Penyintas Covid (Ilustrasi). Studi terbaru oleh peneliti University of Cambridge dan Imperial College London di Inggris menemukan adanya penurunan kognitif pada sebagian penyintas Covid-19.
Foto:

Meski tampak lambat, Prof Menon mengatakan, kemampuan kognitif sebagian pasien tampak berkembang ke arah yang lebih baik. Akan tetapi, sangat mungkin bila sebagian pasien lain tak akan mencapai kesembuhan total.

Tim peneliti juga menyoroti bahwa para partisipan yang terlibat merupakan pasien Covid-19 yang membutuhkan perawatan di rumah sakit. Namun, bukan tidak mungkin bila pasien Covid-19 bergejala ringan juga bisa mengalami gangguan kognitif ringan setelah sembuh.

"Kita sangat perlu mencari tahu apa yang bisa dilakukan untuk membantu orang-orang ini," kata Profesor Adam Hampshire dari Imperial College London.

Temuan terbaru ini telah dipublikasikan dalam Journal of Clinical Medicine. Diharapkan, penelitian lebih lanjut dapat menemukan cara untuk membantu memperbaiki masalah kognitif yang dialami oleh sebagian penyintas Covid-19.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement