Senin 02 May 2022 18:20 WIB

Resep-Resep Idul Fitri Terbaik dari Seluruh Dunia

Di Turki, DIul Fitri khas dengan pembagian permen dan almond berlapis gula.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Dwi Murdaningsih
Rendang, ilustrasi. Rendang merupakan salah satu kuliner khas lebaran terbaik di dunia.

Lokum

Umumnya dikenal sebagai Turkish Delight, kubus jeli ini dibuat dengan tepung jagung, gula, dan air mawar. Beberapa varietas juga dibumbui dengan air bunga jeruk, delima, atau lemon. Kue tradisional ini wajib ada selama perayaan Idul Fitri di Turki bersama dengan Baklava yang lengket.

Makanan unik ini diperkirakan berasal 500 tahun yang lalu selama periode Ottoman. Turkish Delight juga terkenal di negara-negara tetangga, seperti Balkan, Bosnia, dan Rumania, di mana secara lokal dikenal sebagai Rahat Lokum.

Rendang

Daging lembut dan karamel yang dimasak perlahan dalam kari kering pedas kelapa membuat daging sapi yang lezat ini menjadi suguhan mewah menggugah selera. Biasanya, Rendang disajikan dengan nasi putih, lalapan segar, atau nasi lemak. Meskipun Rendang secara tradisional merupakan hidangan Indonesia, tapi ini populer di Malaysia, Brunei, dan Singapura.

Sheer Khurma

Dibuat dengan bihun semolina, puding aromatik ini merupakan bagian integral dari kekhasan Idul Fitri di rumah tangga Asia Tenggara. Dibumbui dengan air mawar, buah kering, dan rempah-rempah harum seperti kunyit dan kapulaga, hidangan penutup yang lezat ini biasanya disajikan tepat setelah salat Idul Fitri pada pagi hari. Sheer Khurma dianggap asli Persia yang diperkenalkan di Asia Tengah dan Tenggara melalui Jalur Sutra.

Tagine

Dinamakan setelah pot gerabah berbentuk kerucut tempat dimasaknya, Tagine adalah rebusan yang dimasak dengan lama yang dikemas dengan berbagai macam sayuran musiman, buah kering, daging, bumbu, dan rempah-rempah.

 

Hidangan tradisional Arab-Berber adalah makanan pokok yang meriah di Morroco serta Aljazair, Libya, Tunisia, dan UEA. Tagine biasanya disajikan dengan Batbout, sejenis roti pita Maroko. Ini juga cocok dengan couscous. 

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement