Kamis 28 Apr 2022 07:49 WIB

Inilah Enam Macam Nutrisi yang Dibutuhkan Tubuh 

Tubuh manusia tidak mampu memproduksi semua yang dibutuhkan untuk bertahan hidup.

Rep: Haura Hafizhah/ Red: Ani Nursalikah
Saat sarapan jangan lupa menambahkan buah atau sayur ke asupan karbohidrat dan protein. Inilah Enam Macam Nutrisi yang Dibutuhkan Tubuh 
Foto:

4. Vitamin

Vitamin sangat penting untuk berbagai alasan, seperti melindungi sistem kekebalan tubuh, mencegah penyakit tertentu, meningkatkan kesehatan kulit, tulang, rambut, dan gigi, dll. Ada 13 vitamin esensial yang dapat dikonsumsi tubuh melalui makanan atau suplemen.

Ini dibagi menjadi vitamin yang larut dalam lemak (Vitamin A, D, E, dan K) dan vitamin yang larut dalam air (Vitamin C dan vitamin B kompleks).

Sesuai dengan istilahnya, vitamin yang larut dalam lemak adalah vitamin yang membutuhkan lemak yang cukup dalam tubuh untuk menyerapnya. Vitamin yang larut dalam air diserap dengan mudah, dan kelebihannya dibuang bersama urine.

Suplementasi tidak diperlukan jika diet Anda kaya akan buah-buahan, sayuran, dan protein tanpa lemak. Namun, kekurangan adalah hal biasa. Dalam hal ini, suplemen terbukti bermanfaat.

5. Mineral

Mineral adalah senyawa organik yang membantu mengatur metabolisme dan menjaga tingkat hidrasi.  Mereka penting untuk berbagai fungsi dalam tubuh. Mineral selanjutnya dapat dibagi menjadi mineral utama dan mineral jejak.

Mineral utama adalah magnesium, kalsium, kalium, natrium, klorida, belerang, dan fosfor.  Sementara itu, trace mineral termasuk zat besi, seng, yodium, fluorida, tembaga, kromium, selenium, dan mangan.

Sebagian besar mineral dikonsumsi melalui makanan.  Jika diet Anda mencakup keseimbangan buah, sayuran, dan protein tanpa lemak yang sehat, kemungkinan Anda mengonsumsi mineral dalam jumlah yang cukup.

6. Air

Air mungkin merupakan nutrisi paling penting dari semuanya. Anda mungkin telah memperhatikan kesehatan Anda berbeda bahkan ketika Anda mengalami dehidrasi.

Mengingat mayoritas (lebih dari 60 persen) tubuh terdiri dari air, tidak ada sel yang dapat berfungsi tanpanya.  Air sangat penting untuk mengangkut nutrisi, membuang racun, memberikan pelumasan dan hidrasi, dan mencegah sembelit.

Air paling baik dikonsumsi dalam bentuknya yang paling murni. Tidak ada jumlah teh, jus, atau kopi yang dapat menggantikannya. Sekarang setelah Anda mengetahui semua nutrisi penting untuk tubuh, inilah saatnya mengintegrasikan pengetahuan ke dalam kehidupan sehari-hari.

Pastikan mengonsumsi makanan yang seimbang dan selalu tetap terhidrasi untuk kesehatan yang optimal. Kesehatan Anda bukanlah lelucon atau faktor kecil. Jaga kesehatan diri dan tetap aman.

 

https://www.sportskeeda.com/amp/health-and-fitness/the-6-categories-nutrients-why-your-body-needs-them

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement