Selasa 19 Apr 2022 07:43 WIB

Kena Parkinson Sejak 1991, Michael J Fox Kesulitan Bicara-Berakting

Kesehatan Michael J Fox memburuk sejak kena Parkinson pada 1991.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Reiny Dwinanda
Michael J Fox. Aktor Back to the Future ini didiagnosis parkinson 30 tahun lalu.
Foto:

Empat bulan setelah operasi, Fox terpeleset dan jatuh di Apartemen New York City milik keluarganya sampai patah lengan. Dia diberi pelat logam dan 19 sekrup untuk memperbaiki tulangnya yang patah.

Selain itu, penyakit Parkinson juga terus memengaruhi kemampuan bicara Fox. Tahun lalu, bicara menjadi kendala terbesar dalam pekerjaannya.

"Saya sampai di titik di mana ada hari di mana sekonyong-konyong saya tidak bisa lancar berbicara hingga tidak dapat kembali berakting dengan nyaman," kata Fox.

Tidak ada obat untuk Parkinson. Kondisi itu bisa mengurangi jumlah dopamin di otak. Penyakit yang disebabkan oleh hilangnya sel-sel saraf di otak ini memengaruhi pergerakan orang dengan kondisi tersebut. Dopamin bertanggung jawab untuk mengatur gerakan serta motivasi.

Parkinson memiliki berbagai gejala fisik dan mental. Menurut NHS, gejala fisik selain kehilangan kemampuan bicara yang diidentifikasi Fox adalah kehilangan indra penciuman, masalah buang air kecil seperti sering buang air kecil di malam hari, kesulitan menjadi terangsang secara seksual dan mencapai orgasme, dan keringat berlebihan.

Kondisi ini memengaruhi satu dari lima ratus orang. Kebanyakan pengidap Parkinson mengalami gejala di atas usia 50 tahun.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement