Sabtu 16 Apr 2022 01:51 WIB

Tak Lazim, Brooklyn Beckham Gunakan Nama Keluarga Istrinya

Pria di Inggris yang mengambil nama belakang istri diwajibkan melakukan akta polling.

Rep: Ali Mansur/ Red: Nidia Zuraya
Mantan bintang Manchester United David Beckham dan putra sulungnya, Brooklyn. Brooklyn menambahkan nama tengahnya dengan nama keluarga istrinya sehingga menjadi Brooklyn Joseph Peltz Beckham.
Foto: EPA
Mantan bintang Manchester United David Beckham dan putra sulungnya, Brooklyn. Brooklyn menambahkan nama tengahnya dengan nama keluarga istrinya sehingga menjadi Brooklyn Joseph Peltz Beckham.

REPUBLIKA.CO.ID, LOS ANGELES -- Putra sulung bintang sepak bola David Beckham itu menambahkan nama tengahnya dengan nama keluarga istrinya sehingga menjadi Brooklyn Joseph Peltz Beckham. Keputusan pengantin pria untuk menyebut nama istrinya mendapat dukungan dari beberapa kalangan.

Namun keputusan tersebut, bukan hal yang lumrah terjadi di budaya barat. Sebab biasanya, pihak perempuan yang harus mengganti nama belakangnya dengan nama suaminya setelah pernikahan. Langkah Peltz Beckham telah menyoroti aturan kuno yang berarti lebih rumit secara administratif daripada sebaliknya.

Baca Juga

Pria di Inggris dan Wales yang mengambil nama belakang istri mereka, atau orang-orang dalam pernikahan sesama jenis yang ingin berbagi nama keluarga, diwajibkan untuk mengubah nama mereka melalui akta polling. Sedangkan perubahan otomatis untuk seorang wanita ketika dia memiliki surat nikah.

Keir Harper-Thorpe, ingin menggandakan nama belakangnya ketika dia menikahi istrinya untuk berbagi nama dengan anak tirinya dan menghindari pertanyaan canggung tentang hubungan mereka. Ia juga ingin mengirimkan sinyal kepada keluarga yang tidak menyetujui pernikahan tersebut bahwa ia dan pasangannya adalah “kita bersama sama”.

Keir Harper-Thorpe telah berjuang secara finansial. Dia juga menolak keras dengan biaya mengubah namanya melalui jajak pendapat, dan tidak dapat memenuhi persyaratan untuk referensi dari seseorang yang memiliki properti yang telah mengenalnya selama 10 tahun. Akibatnya dia tidak dapat memperbarui namanya. di paspornya atau dengan banknya.

“Saya tidak akan mengatakan itu mewah. Saya pikir terkadang tempat-tempat resmi perlu mengikuti bagaimana orang-orang di masyarakat hidup, ”katanya.

Sementara, Jon Hutchinson ingin mengambil nama istrinya untuk mengungkapkan ketidaknyamananya dengan beberapa tradisi yang terasa sangat patriarki. Termasuk konotasi kepemilikan yang terkait dengan perempuan yang menggunakan nama suaminya.

Menurutnya, teman-teman telah menyambut pilihan pasangan itu, tetapi dia harus menantang pihak berwenang. Itu dilakukan agar nama keluarga barunya diakui, setelah memilih untuk tidak mengubahnya melalui jajak pendapat karena prinsip.

“Saya menelepon dan membuat keributan dan berbicara tentang bagaimana mungkin tidak mematuhi Undang-Undang Kesetaraan untuk mengatakan bahwa ada standar yang berbeda," terang dia.

Pengacara keluarga di Harrowells Ltd, Amy Foweather mengatakan perbedaan itu berakar pada asumsi common law sejak ratusan tahun. Bahwa seorang istri menjadi milik suaminya setelah menikah, yang masih diikuti oleh beberapa institusi.

Masih bisa diterima, bahwa akta nikah menjadi bukti yang baik dari perubahan nama untuk istri, tetapi tidak untuk suami. Karena mereka tidak pernah melakukannya dan itu akan sangat tidak disukai atau dilarang dalam masyarakat.

“Meskipun mungkin ada beberapa persyaratan hukum umum yang terkubur jauh di dalam arsip, kenyataannya adalah, laki-laki harus 'membuktikan' perubahan nama pada pernikahan karena secara historis mereka tidak pernah melakukannya dan perempuan tidak perlu membuktikannya karena secara historis mereka tidak punya pilihan,” katanya.

Kemudian profesor emeritus di University of Bradford, Simon Duncan mengatakan persyaratan polling akta berfungsi sebagai "penghalang administrasi. Kemudian itu akan menjadi ide yang baik untuk menghapusnya untuk mempercepat kemajuan "glasial" dari asosiasi budaya nama keluarga suami. Pilihan alternatif "masih sangat jarang.

Menurut seorang profesor di University of Nevada Rachael Robnett, ia menilai semunya akan melihat sedikit lebih banyak fleksibilitas dalam 10-20 tahun ke depan, tetapi tidak banyak. Sebagian, ini karena perempuan dan laki-laki heteroseksual terus menghadapi stigma jika mereka tidak selaras dengan pengaturan tradisional,” katanya.

"Teman dan keluarga terkadang memandang pasangan yang menggunakan nama belakang istri sebagai kurang berkomitmen. Bahkan menganggap suami kurang memiliki kekuatan dalam hubungan, ucapnya.

Maka ini mungkin jadi sebab, mengapa beberapa wanita menghadapi tekanan dari suami mereka untuk mengubah nama belakang mereka setelah menikah. Sangat sulit untuk menolak norma-norma yang mengakar ini sampai-sampai beberapa orang tidak pernah secara serius mempertimbangkan pilihan lain.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement