Senin 02 May 2022 01:00 WIB

Ahli dari Oxford Ungkap Dampak Buruk TikTok Bagi Anak Kecil

Rentang atensi anak kecil jadi pendek akibat terlalu sering lihat konten TikTok.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda
Logo aplikasi TikTok. Rentang atensi anak terpengaruh oleh kebiasaannya menyimak konten TikTok.
Foto:

Berkaitan dengan hal ini, Juru Bicara TikTok memberikan tanggapan kepada Wall Street Journal. Juru bicara tersebut mengungkapkan bahwa pihak TikTok baru saja membuat perubahan untuk mencegah terjadinya penggunaan aplikasi TikTok yang berlebih.

Salah satu perubahan tersebut adalah mencegah pengguna TikTok berusia di bawah 15 tahun untuk menerima notifikasi di atas jam 21.00 malam. TikTok juga secara rutin akan memberikan pesan kepada pengguna untuk beristirahat dari pemakaian aplikasi tersebut.

Studi berbeda juga menyoroti dampak penggunaan media sosial dan ponsel pintar terhadap depresi dan kesepian. Dalam sebuah laporan yang melibatkan anak berusia 15-16 tahun di Inggris, jumlah anak yang merasa terasingkan di antara teman seumurannya mengalami peningkatan tiga kali lipat dibandingkan pada 2000.

Menurut peneliti, peningkatan fenomena ini beriringan dengan semakin meluasnya penggunaan media sosial dan ponsel pintar di kelompok usia tersebut. Tak sedikit anak yang menjadi kurang bicara dan merasa terkucilkan ketika melihat unggahan foto teman yang sedang bersenang-senang tanpa mereka di dunia maya. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement