Kamis 07 Apr 2022 17:13 WIB

12 Daftar Gejala Covid-19 Terbaru Versi Layanan Kesehatan Nasional Inggris

Memperbarui daftar gejala Covid-19, Inggris dikecam karena tiadakan tes gratis.

Rep: Santi Sopia/ Red: Reiny Dwinanda
Pilek termasuk salah satu gejala Covid-19 (ilustrasi). NHS Inggris selama dua tahun terakhir hanya mencantumkan tiga gejala utama Covid-19, yaitu demam tinggi, batuk terus menerus, dan kehilangan atau perubahan indra penciuman atau pengecap.
Foto:

Christina McAnea, sekretaris jenderal serikat pekerja Unison, mengkritik putusan pemerintah yang akan sangat berdampak terhadap orang miskin. Memperbarui informasi mengenaii jumlah gejala Covid019 dinilai tidak ada gunanya jika orang tidak mampu secara ekonomi untuk melakukan tes atau mengisolasi diri.

"Pekerja bergaji rendah tidak memiliki uang tunai untuk membayar tes," katanya.

Gary Smith, sekretaris jenderal GMB, memperingatkan bahwa staf menghadapi kecemasan tambahan tanpa akses ke pengujian gratis. Publik disarankan untuk mengisolasi diri selama lima hari ketika positif Covid-19, tetapi tidak lagi diberikan sarana untuk pengetesan.

Sementara itu, daftar gejala yang telah diperluas sedemikian rupa bisa hampir tidak berarti. Keputusan seakan berantakan dan pedoman terbaru bisa menyebabkan kebingungan.

"Apakah pekerja dengan gaji rendah menurut undang-undang akan membayar untuk tes yang dapat menyebabkan mereka kehilangan gaji tiga hari? Sepertinya tidak mungkin," ujar Smith.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement