Jumat 08 Apr 2022 00:25 WIB

Enam Manfaat Minum Jus Lidah Buaya untuk Tubuh

Minum jus lidah buaya adalah salah satu cara terbaik mendapatkan manfaat kesehatan

Rep: Haura Hafizhah/ Red: Christiyaningsih
Minum jus lidah buaya adalah salah satu cara terbaik mendapatkan manfaat kesehatan. Ilustrasi.
Foto: flickr
Minum jus lidah buaya adalah salah satu cara terbaik mendapatkan manfaat kesehatan. Ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA-- Lidah buaya dikenal sebagai salah satu cara terbaik untuk menenangkan kulit yang terbakar sinar matahari. Dalam bentuk gel dan zat lengket, lidah buaya terasa seperti balsem dingin di kulit yang panas.

Dilansir Health Clevel and Clinic pada Kamis (7/4/2022), lidah buaya adalah tanaman yang sederhana dan sepertinya tidak terlalu istimewa. Akan tetapi sebenarnya lidah buaya bisa memberikan banyak manfaat. Percaya atau tidak, minum jus lidah buaya adalah salah satu cara terbaik untuk mendapatkan manfaat kesehatan dari tanaman tersebut. Berikut manfaat minum jus lidah buaya:

Baca Juga

1. Rendah Kalori dan Rendah Gula

Jus biasa tidak selalu sehat. Tidak semua dari mereka memiliki persentase buah asli yang tinggi di dalamnya karena banyak juga yang menambahkan gula. Jus lidah buaya adalah pilihan yang sehat. Porsi delapan ons tidak tinggi protein, lemak, atau karbohidrat tetapi hanya memiliki delapan kalori dan rendah gula.

2. Bantu Bersihkan Kulit

Ini mungkin tampak berlawanan dengan intuisi tetapi Anda sering mengalami jerawat karena Anda mengalami dehidrasi. Akibatnya, kulit menghasilkan lebih banyak minyak yang menyebabkan munculnya jerawat. Jika minum jus lidah buaya, Anda akan terhidrasi. Itu akan memberi kelembapan ekstra pada kulit sehingga Anda akan memiliki lebih sedikit kesempatan untuk berjerawat.

3. Meredakan Sembelit

Jika Anda sembelit, tekstur jus lidah buaya dapat memengaruhi konsistensi kotoran khususnya dengan membuatnya lebih lembut.

4.Mengurangi Mulas

Mulas terjadi ketika asam di perut naik ke kerongkongan.  Hasil penelitian kecil tahun 2015 menunjukkan bahwa jus lidah buaya dapat mengurangi beberapa asam di perut yang menyebabkan mulas.

5.Menjaga Kesehatan Mata

Jus lidah buaya dikemas penuh dengan beta karoten, antioksidan yang biasanya ditemukan dalam sayuran dan buah-buahan berwarna oranye dan kuning. Tubuh Anda mengubah beta karoten menjadi vitamin A, vitamin yang terkait dengan kesehatan mata secara keseluruhan.

6.Tingkatkan Asupan Vitamin dan Mineral

Jus lidah buaya mengandung vitamin C, vitamin serbaguna yang membantu fungsi kekebalan tubuh misalnya kalsium dan magnesium. Banyak orang yang mengalami nyeri otot sering kali kekurangan kalsium dan magnesium.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement