Kamis 07 Apr 2022 09:38 WIB

Orang Dalam Ungkap Kekhawatiran Terbesar Will Smith Terkait Buntut Insiden di Oscar

Will Smith telah mengundurkan diri dari Academy setelah insiden di Oscar 2022.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Reiny Dwinanda
Wajah aktor Will Smith tampak basah oleh air mata saat menyampaikan pidato kemenangannya sebagai Aktor Terbaik dalam gelaran Oscar di Dolby Theatre, Los Angeles, Amerika Serikat, Ahad (27/3/2022). Smith meraih penghargaan itu atas perannya dalam film King Richard.
Foto: AP Photo/Chris Pizzello
Wajah aktor Will Smith tampak basah oleh air mata saat menyampaikan pidato kemenangannya sebagai Aktor Terbaik dalam gelaran Oscar di Dolby Theatre, Los Angeles, Amerika Serikat, Ahad (27/3/2022). Smith meraih penghargaan itu atas perannya dalam film King Richard.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Aktor Will Smith dikabarkan khawatir tentang masa depannya di Hollywood. Setelah menerima reaksi luas karena menampar presenter Oscar 2022 Chris Rock, orang dalam mengklaim bahwa Smith khawatir tentang apa yang akan terjadi pada kariernya.

"Dia merasa tidak enak dan berusaha untuk tidak panik, tetapi melihat perannya dibekukan, itu telah menjadi pil sangat pahit untuk ditelan," kata sumber tersebut, dilansir Fox News, Kamis (7/4/2022).

Baca Juga

Dia menjelaskan bahwa ketakutan terbesar Smith adalah dia sedang dalam proses pembatalan sepenuhnya. Tak ada yang bisa Smith lakukan kecuali duduk melihat hukumannya. 

Pada 1 April, Smith mengundurkan diri dari Academy of Motion Picture Arts and Sciences. Aktor berusia 53 tahun itu mengatakan akan menerima hukuman lebih lanjut yang dijatuhkan organisasi tersebut.

 

"Tindakan saya pada presentasi Academy Awards ke-94 mengejutkan, menyakitkan, dan tidak dapat dimaafkan," ujar Smith dalam pernyataannya.

Presiden Academy Film, David Rubin mengatakan pengunduran diri Smith telah diterima organisasi. "Kami akan terus melanjutkan proses disipliner terhadap Smith atas pelanggaran Standar Perilaku Akademi, hingga pertemuan dewan berikutnya terjadwal pada 18 April," kata Rubin.

Pengunduran diri itu terjadi dua hari setelah dewan kepemimpinan Academy bertemu untuk memulai proses disipliner terhadap Smith atas pelanggaran terhadap standar perilaku organisasi tersebut. Proses itu bisa mengakibatkan penangguhan atau pengusiran, namun belum jelas hukuman tambahan apa yang bisa Smith hadapi.

Seandainya dikeluarkan dari Academy alih-alih mengundurkan diri, Smith senasib dengan sekelompok kecil pria, seperti produser Harvey Weinstein, sutradara Roman Polanski, aktor Bill Cosby, dan aktor Carmine Caridi. Mereka dikeluarkan setelah memenangkan Oscar.

Pada 27 Maret, Smith beranjak dari kursi Dolby Theatre barisan depan ke atas panggung dan menampar Rock (57 tahun), yang telah membuat lelucon tentang istrinya, Jada Pinkett Smith. Beberapa saat kemudian, Smith memenangkan penghargaan Aktor Terbaik untuk perannya dalam film King Richard.

Rock, yang hendak mempersembahkan Oscar untuk Film Dokumenter Terbaik, menolak mengajukan tuntutan saat dimintai keterangan oleh polisi. Dalam acara komedi di Boston pada peka  lalu, Rock mengatakan masih mencerna apa yang terjadi.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement