Rabu 06 Apr 2022 16:41 WIB

Dosis Keempat Vaksin Covid-19 Tampak Mampu Lindungi Lansia Tiga Kali Lipat

Sejumlah negara telah memberikan dosis keempat vaksin Covid-19.

Warga mengikuti vaksinasi Covid-19 di Mushola Al Hidayah, Pakem, Sleman, Yogyakarta, Rabu (6/4/2022). Riset komprehensif di Israel menunjukkan manfaat pemberian dosis keempat vaksin Covid-19.
Foto:

Riset berlangsung ketika omicron menjadi varian dominan pada 10 Januari-2 Maret 2022. Riset tersebut juga menemukan bahwa perlindungan vaksin tidak menurun selama delapan pekan riset.

Tingkat kasus Covid-19 yang terverifikasi di antara penerima dosis keempat dua kali lebih rendah dibanding kelompok penerima dosis ketiga. Hanya saja, perlindungan terhadap infeksi terkonfirmasi tampaknya tidak tahan lama, menurut riset tersebut.

Sejumlah negara telah memberikan dosis keempat bagi warganya yang rentan. Selain Israel, Swedia, Korea Selatan dan Hong Kong juga menawarkan dosis booster kedua untuk lansia di tengah gelombang omicron.

Sementara itu, beberapa negara lainnya, seperti Jepang, juga tengah mempertimbangkan langkah serupa. Indonesia pun mendukung pemberian dosis keempat jika manfaatnya terbukti secara ilmiah.

 

sumber : Antara, Xinhua
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement