Sabtu 02 Apr 2022 09:08 WIB

Sakit Kepala Bisa Jadi Gejala Hipertensi, Ukur Tekanan Darah untuk Memastikannya

Hipertensi sering kali tidak bergejala.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Reiny Dwinanda
Sakit (ilustrasi). Untuk memastikan kaitan antara sakit kepala dan hipertensi, seseorang perlu mengecek tekanan darahnya.
Foto: www.freepik.com.
Sakit (ilustrasi). Untuk memastikan kaitan antara sakit kepala dan hipertensi, seseorang perlu mengecek tekanan darahnya.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tekanan darah tinggi atau hipertensi merupakan kondisi di mana kekuatan darah jangka panjang terhadap arteri cukup tinggi sehingga memicu masalah kesehatan. Hipertensi memengaruhi hampir sepertiga orang dewasa dan diperkirakan masih banyak yang belum menyadarinya karena tidak merasakan gejala.

Meskipun tekanan darah tinggi jarang menyebabkan gejala yang nyata, ada beberapa tanda yang bisa membantu mengidentifikasinya. Salah satu tanda yang bisa menjadi peringatan silent killer ini adalah sakit kepala.

Baca Juga

Profesor Kesehatan Masyarakat di New Mexico State University di Amerika Serikat, dr Jagdish Khubchandani, mengatakan bahwa gejala sakit kepala mungkin muncul sebagai pertanda hipertensi. Tapi perlu dicatat bahwa sakit kepala adalah gejala yang tidak konsisten dan tidak meyakinkan.

"Cara terbaik untuk mengetahui tentang hipertensi adalah dengan memeriksa tekanan darah," kata Khubchandani, seperti dilansir Express, Sabtu (2/4/2022).

Pakar juga menyebutkan tanda-tanda lain dari tekanan darah tinggi, yakni sakit dada, kelelahan, sulit bernapas, kelelahan, masalah penglihatan, dan kebingungan. Dr Khubchandani menjelaskan, nyeri dada adalah gejala nyeri lain yang mungkin terjadi dengan atau tanpa sakit kepala selama krisis hipertensi. Namun, pada kebanyakan orang dengan hipertensi, ini bukan gejala yang umum terlihat.

"Nyeri dada hanya bisa dengan tekanan darah yang sangat tinggi, terutama dengan serangan jantung atau penyakit arteri koroner," jelas dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement