Kamis 31 Mar 2022 05:00 WIB

57 Macam Masalah Kesehatan Rentan Serang Pengidap Diabetes

Jangan sampai kena, banyak masalah kesehatan yang bisa mengusik diabetesi.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda
Warga mengikuti pemeriksaan gula darah gratis di Pasar Tanah Abang, Jakarta, Kamis (18/11). Kegiatan yang diselenggarakan oleh Novo Nordisk Indonesia ini dalam rangka Hari Diabetes Sedunia.Prayogi/Republika
Foto:

Selain upaya pencegahan, dr Robertson juga menyoroti pentingnya pengelolaan penyakit bagi orang-orang yang sudah telanjur mengalami diabetes tipe 2. Para penyandang diabetes tipe 2 perlu mendapatkan akses layanan kesehatan yang baik dan bimbingan untuk memperbaiki pola hidup demi mencegah atau memperlambat terjadinya komplikasi.

Diabetes pada dasarnya terdiri dari beberapa jenis. Sebagian di antaranya adalah diabetes tipe 1 dan tipe 2. Diabetes tipe 1 merupakan masalah autoimun di mana sistem imun tubuh menyerang dan merusak sel-sel penghasil insulin di dalam tubuh.

photo
Jenis-jenis tes gula darah. - (Republika)

Di sisi lain, diabetes tipe 2 merupakan kondisi di mana tubuh tidak bisa memproduksi insulin yang cukup atau kondisi di mana sel-sel tubuh tidak bereaksi terhadap insulin. Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), kejadian diabetes tipe 2 berkaitan erat dengan kelebihan berat badan dan pola hidup tidak aktif.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement