Senin 28 Mar 2022 19:26 WIB

Tips Buat yang Takut Lemas Kalau Divaksinasi Saat Puasa

Vaksinasi Covid-19 tetap dilanjutkan saat bulan puasa.

Rep: Rr Laeny Sulistyawati/ Red: Reiny Dwinanda
Warga mengikuti vaksin booster Covid-19 di Dinas Kesehatan Yogyakarta, Senin (28/3/2022). Program vaksinasi Covid-19 akan dilanjutkan selama bulan puasa.
Foto:

Sebelumnya, Juru Bicara vaksinasi Covid-19 dari Kemenkes Siti Nadia Tarmizi menjelaskan, fatwa MUI tersebut sudah menyatakan bahwa vaksinasi Covid-19 tidak membatalkan puasa. Vaksinasi boleh dilakukan bagi umat Muslim yang sedang menjalankan ibadah wajib tersebut.  

"Berdasarkan rekomendasi tersebut, pelaksanaan vaksinasi akan tetap dilanjutkan di kalangan Muslim maupun non-Muslim selama puasa," ujar Nadia saat konferensi virtual Kemenkes, Senin (12/4/2022).

Nidia menjelaskan, proses vaksinasi dapat dilakukan saat siang hari saat umat Muslim menjalankan puasa selama tidak mengganggu ibadahnya. Sementara itu, untuk pelaksanaan vaksinasi di malam hari, pihaknya mendorong adanya koordinasi antara para pengurus masjid, pusat kesehatan masyarakat (puskesmas), RT/RW, hingga lurah untuk menjadwalkan vaksinasi.

"Kita harus meniatkan vaksin Covid-19 sebagai ikhtiar kita untuk menjaga kesehatan khusus untuk yang akan mendapatkan vaksinasi pada saat bulan ramadhan," katanya.

Oleh karena itu, pihaknya berharap masyarakat yang akan divaksin selama ramadhan esok tetap menjaga kondisi kesehatan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement