Jumat 25 Mar 2022 08:14 WIB

Meal Preparation Mudahkan Diet Tanpa Pisah Menu, Bisa Dipraktikkan untuk Ramadhan Juga

Meal preparation konsepnya serupa dengan makanan siap saji di supermarket.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Reiny Dwinanda
Menyimpan makanan di kulkas (Ilustrasi). Meal preparation dapat memudahkan keluarga untuk menghidangkan makanan saat diet, termasuk juga selama bulan Ramadhan.
Foto: Pexels
Menyimpan makanan di kulkas (Ilustrasi). Meal preparation dapat memudahkan keluarga untuk menghidangkan makanan saat diet, termasuk juga selama bulan Ramadhan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Merasa ribet karena harus pisah menu makan dengan keluarga menjadi tantangan diet banyak orang. Sebab, setiap hari mereka harus membuat menu berbeda dari menu keluarga serumah yang tidak sedang diet.

Sebetulnya, ada langkah mudah untuk diet tanpa pisah menu dan ini bisa diterapkan secara konsisten. Founder Lafina Indonesia, Krisdiana, membagikan tips tentang meal preparation yang sudah populer di beberapa negara.

Baca Juga

"Simple-nya gini, meal preparation itu mempersiapkan dan menyimpan makanan untuk beberapa hari," ungkap Krisdiana dalam live Instagram Lafina Indonesia, dikutip Jumat (25/3/2022).

Meal preparation bisa menjadi cara efektif untuk menyiapkan makanan diet terpisah. Konsepnya serupa dengan makanan siap saji yang ada di supermarket, dibuat tahan beberapa hari, dan saat hendak dikonsumsi tinggal dipanaskan di microwave saja.

Krisdiana mempelajari soal meal preparation ini secara autodidak melalui Youtube hingga akhirnya kini ia membuka kelas khusus. Namun, permasalahan selanjutnya muncul ketika daftar menu dalam meal preapration kebanyakan menu asing atau western. Ini kurang bisa diterapkan oleh masyarakat Indonesia, yang tentunya ingin ada menu Indonesia.

"Akhirnya saya cari tahu, dan menu-menu Indonesia ternyata bisa," tutur dia.

Langkah-langkah meal preparation dimulai dengan menyusun menu. Berikutnya, susun daftar belanjaan, masak, dan simpan dengan benar.

Meal preparation pun tidak hanya sekedar metode penyimpanan saja, tapi menyiapkan aneka jenis masakan berbeda untuk beberapa hari. Sementara itu, ketika menyimpan tumisan, lengkapi dengan nasi, lauk lain, dan sayur di satu wadah tanpa sekat. Perlakuannya akan berbeda ketika menyimpan makanan berkuah.

"Ini mau Ramadhan, selain buat diet, ini juga bermanfaat banget buat sahur. Karena sering awal-awal puasa semangat masak banyak, tapi mulai di tengah sampai ke akhir, jadi malas. Akhirnya makan mi instan," papar perempuan yang juga pendiri Pawon Store.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement