Kamis 17 Mar 2022 19:05 WIB

Anak Jadi Cepat Bosan-Sering Tantrum? Social Distancing Bisa Jadi Penyebabnya

Social distancing telah memengaruhi aspek-aspek perkembangan anak.

Sejumlah anak dengan mengenakan masker bermain di Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) Si Pitung, kawasan Rusunawa Marunda, Jakarta Utara, Selasa (15/3/2022). Penerapan social distancing selama pandemi Covid-19 telah memengaruhi perkembangan anak.
Foto:

 

Akibatnya, anak-anak akan menjadi lebih individualis, egosentris, cepat bosan, dan sering tantrum. Oleh karena itu, Samanta mengingatkan pentingnya peran orang tua untuk selalu memberikan stimulasi agar pertumbuhan dan perkembangan anak dapat tercapai secara optimal.

Beberapa contoh kegiatan yang dapat menstimulasi anak, menurut Samanta, di antaranya dengan membacakan buku-buku bergambar, mengajak anak melakukan kegiatan seni, hingga bermain 'pura-pura'. Menarasikan proses sosial yang terjadi juga penting dilakukan.

"Narasikan proses sosial yang terjadi, misalnya kalau ada keluarga datang, sampaikan mereka datang dari mana, berapa lama perjalanannya. Kemudian main pura-pura itu misalnya orang tua jadi ibu guru, anak kita jadi dokter, nanti dari situ dia tahu dan akan siap ketika menghadapi kondisi yang sebenarnya," ujar Samanta.

Di masa yang menantang ini, menurut Samanta, orang tua memang harus lebih kreatif dalam menciptakan berbagai aktivitas yang juga dapat memberikan stimulasi untuk anak.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement