Kamis 17 Mar 2022 18:50 WIB

Pakai Alat Rapid Test Antigen Secara Mandiri di Rumah, Apa yang Perlu Diperhatikan?

Masyarakat diimbau berhati-hati ketika melakukan tes rapid antigen secara mandiri.

Rep: Fauziah Mursid/ Red: Reiny Dwinanda
Bahaya swab test Covid-19 mandiri di rumah (Ilustrasi). Masyarakat diimbau untuk berhati-hati ketika ingin melakukan alat rapid test antigen secara mandiri di rumah.
Foto:

Selain itu, Wiku juga mengingatkan masyarakat untuk memperhatikan limbah medis usai penggunaan tes rapid antigen mandiri di rumah. Meskipun Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah mengeluarkan rekomendasi penggunaan tes rapid antigen mandiri di rumah, Indonesia tidak ingin buru-buru secara legal merekomendasikannya kepada masyarakat dengan pertimbangan keakurasian dan kehati-hatian saat pengetesan.

"Karena itu, sampai sekarang di Indonesia penerapannya masih dilakukan oleh tenaga profesional yang terlatih," katanya.

photo
Bahaya swab test Covid-19 mandiri di rumah. - (Republika)

Meski begitu, Wiku menyatakan pemerintah Indonesia sangat terbuka dengan berbagai upaya untuk dapat meningkatkan aksesibilitas pengujian Covid-19 yang merata bagi masyarakat. Ia pun berharap akan bertambah lagi alat skrining yang mudah digunakan dan lebih akurat.

"Diharapkan dengan situasi saat ini, lebih banyak peneliti dan inovator di Indonesia yang berlomba menghasilkan alat skrining maupun diagnostik Covid-19 yang lebih mudah digunakan dan akurat," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement