Kamis 17 Mar 2022 17:14 WIB

Kourtney Kardashian Mengaku Alami Menopause Akibat Program Bayi Tabung, Apa Kata Dokter?

Kourtney Kardashian sedang menjalani program bayi tabung untuk bisa punya anak lagi.

Rep: Mabruroh/ Red: Reiny Dwinanda
Selebritas dan model Kourtney Kadarshian mengaku mengalami menopause akibat obat yang didapatkannya saat menjalani program bayi tabung.
Foto:

Apa kata dokter?

Menopause secara alami dimulai pada usia 40-an atau 50-an. Kebanyakan perempuan mengalaminya antara 45 tahun hingga 55 tahun.

Prof Adam Balen, pakar reproduksi, mengatakan bahwa program bayi tabung merupakan pengobatan jangka pendek. Tidak ada bukti efek jangka panjang dari IVF.

"Datanya sangat meyakinkan dan tidak ada alasan medis mengapa obat untuk IVF akan membuat menopause dini," Prof Luciano Nardo, seorang ahli fertilitas, dikutip The Sun, Kamis (1.

Prof Nardo menjelaskan obat yang digunakan oleh beberapa klinik untuk membantu pengambilan sel telur, yakni GnRH (gonadotropin-releasing hormone), yang dapat "membuat perempuan dalam keadaan menopause semu". Kondisi ini memberi dokter lebih banyak kendali untuk memulai siklus reproduksi baru.

Akan tetapi, keadaan menopause itu hanya untuk waktu yang singkat. Keadaan itu bisa pulih dengan sendirinya.

"(Tidak) ada bukti bahwa dengan mendapatkan suntikan GnRH ini, tubuh Anda akan mengalami menopause," tuturnya.

Prof Nardo menjelaskan, beberapa perempuan kekurangan produksi hormon. Itu menyebabkannya memiliki kemungkinan mengalami beberapa gejala menopause.

"Jelas tidak ada bukti efek menopause permanen, namun tekanan psikologis dapat memperberat gejala sementara yang dirasakan perempuan yang menjalani IVF," ungkap Prof Nardo.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement