Selasa 15 Mar 2022 16:00 WIB

Pandemi Ubah Dunia Fashion-Seni Visual: Munculkan Aneka Inovasi, Termasuk NFT

Pandemi juga menjadi inspirasi bagi karya seni desainer, seniman visual.

Janna Soekasah bersama kembarannya, Amanda, dan aktris Wulan Guritno memprakarsai Gelang Harapan yang terbuat dari kain perca. Ia menyebut, kepercayaan akan satu sama lain juga penting untuk menjadi pemantik semangat dan inspirasi dalam berkarya di tengah pandemi.
Foto:

Masih dari dunia fashion, para founder dari Gelang Harapan, yakni Amanda Soekasah, Janna Soekasah-Joesoef, dan Wulan Guritno mengatakan, kepercayaan akan satu sama lain juga penting untuk menjadi pemantik semangat dan inspirasi dalam berkarya. Mereka berusaha berpegang teguh dalam menjalankannya.

"Percaya akan adanya harapan, terus berkreasi dan berinovasi dengan keadaan, serta belajar arti harapan dan terus kreatif," kata Janna.

"Semua sektor mengalami ketakutan, kebingungan, dan lainnya. Dan yang saya pelajari, pada saat kita di keadaan itu, pelan-pelan kami belajar ikhlas, rasa percaya, harapan, dan semangat. Dengan itu, pikiran dan hati kita jadi terbuka dan mendapatkan ide-ide kembali," imbuh Wulan.

Dari sisi seni rupa, seniman visual (visual artist) Muklay mengatakan, banyak penyesuaian yang harus dijalani bagi para seniman dengan karya visual berbentuk fisik di masa pandemi ini. Biasanya, karya mereka dipamerkan di galeri.

"Sekarang, pameran di galeri gitu sudah jarang sekali (karena pandemi). Namun, banyak adaptasi juga, misalnya di akhir 2021 yang lumayan berubah terutama adanya NFT, dan itu cukup membantu (seniman) yang sebelumnya belum mendapatkan profit dari karyanya, sekarang jadi lebih percaya dengan karya-karyanya," kata Muklay.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement