Senin 14 Mar 2022 15:38 WIB

Gibran Masih Positif Covid-19 Setelah 10 Hari Isolasi Mandiri, Masih Menular?

Orang masih bisa dites positif Covid-19 ketika sudah melewati masa isolasi mandiri.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Reiny Dwinanda
Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka masih positif Covid-19 setelah 10 hari menjalani isolasi mandiri.
Foto:

Menurut Tjatur, virus SARS-CoV-2 ada di tubuh manusia sekitar 10 hari, yakni dimulai dari H-1 saat diambil sampel uji swab. Ia mengingatkan bahwa sejak H-1 saat di-swab, sebaiknya sudah isolasi mandiri meski tidak merasakan gejala Covid-19.

"Karena ada potensi suspect kontak erat dengan orang lain," ujar dia.

photo
Durasi isolasi mandiri pasien positif Covid-19. - (Republika.co.id)

Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito menjelaskan, orang tanpa bergejala Covid-19 (OTG) mesti menjalani isolasi mandiri 10 hari. OTG ialah orang yang terkonfirmasi Covid-19, namun tidak mengembangkan gejala klinis sama sekali.

"Seseorang yang tidak bergejala dinyatakan dapat menyelesaikan isolasi mandiri setidaknya 10 hari," ujar wiku dalam keterangan persnya, Jumat (4/2/2022).

Bagi orang yang bergejala, menurut Wiku, harus menjalani minimal 10 hari isolasi mandiri sejak diperiksa dengan alat uji diagnostik (testing) ditambah dengan sekurang-kurangnya tiga hari bebas gejala demam dan gangguan pernapasan. Namun, apabila terdapat gejala setelah hari ke-10, maka isolasi mandiri masih tetap dilanjutkan sampai dengan hilangnya gejala tersebut ditambah tiga hari.

Kementerian Kesehatan mengungkapkan bahwa status hitam di aplikasi Pedulilindungi akan kembali ke warna semula setelah tes PCR ulang dua kali dengan hasil negatif. Tes paling cepat dilakukan pada H+5 dan H+6 sejak positif Covid-19 dengan selang waktu pemeriksaan minimal 24 jam.

"Tanpa tes ulang maka status hitam otomatis selesai pada H+10," kata staf ahli Menteri Kesehatan Bidang Teknologi Kesehatan Setiaji di Jakarta, Selasa (15/2/2022), dikutip dari laman resmi Kemenkes.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement