Sabtu 12 Mar 2022 05:15 WIB

Menyebar di Australia, Infeksi Virus Japanese Encephalitis tak Bisa Diremehkan

Japanese encephalitis disebarkan oleh nyamuk yang sebelumnya gigit hewan terinfeksi.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda
Vaksin Japanese encephalitis. Australia tengah berhadapan dengan infeksi Japanese encephalitis di tengah bencana banjir.
Foto: EPA-EFE/LYNN BO BO
Vaksin Japanese encephalitis. Australia tengah berhadapan dengan infeksi Japanese encephalitis di tengah bencana banjir.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kemunculan virus Japanese encephalitis di Australia telah menginfeksi 17 warga dan menyebabkan dua di antaranya meninggal dunia. Virus ini tidak menular antarmanusia, sehingga mungkin tidak akan membawa ancaman sebesar virus corona. Akan tetapi, konsekuensi dari infeksi virus Japanese encephalitis tak boleh diremehkan.

Virus Japanese encephalitis termasuk ke dalam jenis flavivirus. Virus ini bisa ditemukan pada hewan babi dan burung. Penularannya ke manusia terjadi melalui perantara nyamuk yang sebelumnya menggigit hewan terinfeksi.

Baca Juga

Sebagian besar orang yang terinfeksi virus Japanese encephalitis hanya akan mengalami gejala ringan atau bahkan tanpa gejala. Tak jarang, gejala yang muncul dianggap seperti flu biasa.

Akan tetapi, pada sebagian orang, infeksi virus Japanese encephalitis bisa menyebabkan radang otak atau ensefalitis. Kondisi ini bisa berakibat fatal atau menyebabkan kerusakan saraf dalam jangka panjang. Beberapa gejala ensefalitis meliputi kebingungan, sakit kepala, kekakuan pada leher, tremor, mengantuk, dan kejang.

Diperkirakan sekitar satu dari 250 orang yang terinfeksi dengan virus Japanese encephalitis akan mengalami gejala yang lebih berat karena infeksi menyebar ke otak. Biasanya, kondisi ini muncul dalam waktu lima hingga 15 hari setelah infeksi. Beberapa kondisi yang mungkin terjadi pada kasus berat adalah kejang, koma, kelumpuhan, kematian dan masalah saraf.

Sekitar satu dari tiga orang yang mengalami gejala serius dari infeksi Japanese encephalitis akan meninggal dunia. Di Australia, dua kasus kematian terkait infeksi virus Japanese encephalitis mengenai dua orang lansia berusia 70-an dan 60-an tahun.

Pada pasien yang berhasil bertahan, gejala cenderung membaik secara perlahan sehingga pemulihan bisa membutuhkan waktu beberapa bulan. Kondisi ini juga bisa berujung pada munculnya masalah jangka panjang, seperti tremor, kedutan otot, perubahan kepribadian, lemah otot, kesulitan belajar, dan kelumpuhan pada satu tungkai atau lebih.

"Sepertiga hingga 50 persen (yang bertahan) akan mengalami konsekuensi serius hingga mengubah hidup," ujar CEO Encephalitis Society dr Ava Easton, seperti dilansir The Sun, Jumat (11/3/2022).

Risiko gejala berat dari infeksi virus Japanese encephalitis dinilai mengkhawatirkan, khususnya bagi kelompok rentan. Kelompok rentan ini meliputi lansia dan anak berusia di bawah lima tahun.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement