Selasa 08 Mar 2022 23:44 WIB

Makanan Tinggi Gula, Garam, dan Lemak Bisa Picu Obesitas

Kepatuhan masyarakat pada batasan asupan gula, garam, lemak harian masih rendah.

Garam (Ilustrasi). Rekomendasi batas asupan garam ialah satu sendok teh per hari. Konsumsi garam, gula, dan lemak berlebihan bisa picu obesitas.
Foto:

Oleh karena itu, dr Marya menganjurkan orang-orang, termasuk kaum muda, untuk mencegah terkena obesitas. Caranya ialah melalui pengaturan keseimbangan energi dalam tubuh.

"Upaya ini bisa dimulai dari mengetahui status gizi," kata dr Marya.

Selanjutnya, atur pola tidur agar bisa mendapatkan istirahat yang cukup. Dr Marya juga mengingatkan masyarakat untuk menerapkan pola aktivitas fisik yang kontinu dengan intensitas rendah sampai sedang.

"Atur pola emosi makan karena kebiasaan makan dengan jumlah berlebih dan cenderung memilih jenis makanan tidak sehat seperti tinggi gula, garam, dan lemak disebabkan oleh emosi," jelasnya.

Khusus pola makan, sebaiknya perhatikan jumlah, jenis, jadwal makan, dan pengolahan bahan makanan yang dianjurkan, yaitu jumlah sayur sebesar dua kali lipat jumlah sumber karbohidrat dan protein. Di sisi lain, dr Marya juga menganjurkan orang-orang memperhatikan label kemasan sebelum makan guna membatasi asupan gula, garam, lemak yang ada di makanan dan minuman.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement