Jumat 04 Mar 2022 06:30 WIB

Masih Mungkin Kena Covid-19, Buat Apa Disuntik Vaksin Booster?

Orang yang sudah mendapatkan dosis booster masih mungkin kena Covid-19.

Rep: Rr Laeny Sulistyawati/ Red: Reiny Dwinanda
Tenaga kesehatan bersiap menyuntikan vaksin booster atau vaksin penguat jenis Astrazeneca di Gedung Dompet Dhuafa Philanthrophy, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Selasa (1/3/2022). Walaupun masih mungkin kena Covid-19, suntikan booster tetap mampu membantu mencegah penyakit parah, menghindari Anda dirawat di rumah sakit, dan menekan risiko kematian.
Foto:

Booster membantu orang keluar dari rumah sakit hingga bisa membantu orang lain yang membutuhkan perawatan segera

Setiap hari, rumah sakit sibuk dengan orang-orang yang membutuhkan perawatan darurat untuk serangan jantung, kecelakaan dan cedera, serta keadaan darurat lainnya. Selain itu, rawat inap terkait Covid-19 telah naik-turun dalam beberapa pekan terakhir.

Selain kekurangan staf tenaga kesehatan, kondisi itu juga berarti bahwa beberapa orang tidak dapat menemukan tempat tidur rumah sakit yang tersedia saat mereka membutuhkannya. Ketika Anda mendapatkan booster, mungkin Anda tak perlu mencari tempat perawatan kesehatan.

Bahkan, jika Anda sakit, Anda mungkin dapat menghadapinya di rumah. Dengan mendapatkan booster, kita dapat membantu mengurangi jumlah orang yang pergi ke rumah sakit dan mengurangi beban tenaga kesehatan.

Membantu mencegah penyebaran komunitas

Dosis booster meningkatkan keselamatan orang lain, selain melindungi diri sendiri. Siapa pun yang terinfeksi Covid-19 setelah disuntik booster akan kurang menular daripada jika tidak mendapatkannya.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Amerika Serikat memiliki panduan karantina terkini yang berbeda untuk mereka yang divaksin versus yang tidak. Ketika Anda mendapatkan booster, Anda melakukan bagian untuk membantu menghentikan penyebaran virus.

Kasus infeksi terobosan dapat terjadi, tapi booster akan mengurangi risiko itu

Beberapa orang yang mendapatkan booster tetap bisa kena Covid-19 dan ini berlaku pada penerima vaksin apapun. Tetapi, ada banyak langkah yang dapat Anda ambil, seperti mendapatkan booster, menjaga jarak, dan mengenakan masker berkualitas tinggi yang meningkatkan peluang Anda untuk tetap sehat.

"Anda harus meningkatkan kemungkinan diri sendiri selamat sebanyak mungkin. Mendapatkan booster meningkatkan keselamatan Anda sendiri, keamanan keluarga Anda, dan keamanan komunitas yang lebih luas," ujar ahli epidemiologi Medis untuk Kesehatan Masyarakat Seattle dan King County James Lewis.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement