Jumat 04 Mar 2022 03:27 WIB

Tips Mempersiapkan Masa Pensiun Sejak Muda, Biar Nggak Nyesel

Dana pensiun membuat seseorang tetap mandiri secara keuangan di masa tua.

Dana pensiun (ilustrasi).
Foto:

 

Selanjutnya, mulailah berhemat dengan merencanakan pengeluaran di masa kini. Perencanaan pengeluaran yang cermat adalah salah satu cara yang paling membantu untuk menghemat uang.

Jika selalu membelanjakan sesuai keinginan dan nafsu semata, keuangan akan bocor sehingga tidak tahu ke mana perginya uang. Setelah mulai merencanakan dan melacak pengeluaran, nantinya akan melihat perbedaan yang signifikan dan dapat menghemat uang setiap bulan. Dana yang berhasil dihemat ini dapat menjadi alokasi dana simpanan untuk masa pensiun.

Kelima, sisihkan pendapatan untuk asuransi aset. Selain kesehatan, kejadian tak terduga pada aset kita tentu menjadi salah satu hal yang ingin kita antisipasi. Aset-aset ini tentu menjadi bagian penting dalam keberlangsungan hidup. Jika tidak mempersiapkan diri, kemungkinan besar dana pensiun yang sudah disiapkan akan banyak terpakai di luar perhitungan.

Mempersiapkan asuransi bagi aset yang dimiliki menjadi solusi dalam memastikan keamanan dan menjamin aset dari segala risiko, salah satunya adalah kendaraan. Memiliki kendaraan menjadi kebutuhan penting dalam melangsungkan kehidupan sehari-hari, seperti mobil ataupun motor.

 

Saat pensiun nanti, tentu kita tidak ingin uang kita habis karena harus membayar kerugian mobil akibat kecelakaan, kerusakan maupun kehilangan mobil. Maka dari itu perlindungan aset seperti asuransi kendaraan baik mobil atau motor perlu kita miliki.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement