Ahad 27 Feb 2022 00:29 WIB

Popularitas Justru Buat James Arthur Alami Masalah Kesehatan Mental

James Arthur mengalami gangguan kecemasan dan depresi.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Nora Azizah
Penyanyi asal Inggris, James Arthur.
Foto: EPA
Penyanyi asal Inggris, James Arthur.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Penyanyi James Arthur berbagi cerita mengenai pergelutannya dengan masalah kesehatan mental. Kisah Arthur ini akan menjadi bagian dalam dokumenter baru dari BBC Three mengenai penggunaan antidepresan dan kesehatan mental pada pria.

Sejak mendapatkan gelar juara dalam The X Factor 2012, Arthur mulai diliputi oleh ketenaran dan popularitas. Akan tetapi, gemerlap dunia hiburan yang membuat sang penyanyi jadi pusat perhatian ini justru merugikan kesehatan mentalnya.

Baca Juga

Tekanan karena selalu berada dalam sorotan publik membuat Arthur menderita gangguan kecemasan dan depresi. Dia bahkan terjerumus ke dalam masalah penggunaan antidepresan.

Dalam dokementer berjudul James Arthur: Out of Our Minds ini, Arthur akan bertemu dengan laki-laki lain yang memiliki masalah serupa. Orang-orang tersebut berasal dari kalangan non selebriti dan mengalami kesulitan untuk berhenti menggunakan antidepresan.

"Betapa pentingnya untuk menjadi bagian dari sesuatu yang seperti ini," ujar Arthur, seperti dilansir Yahoo, Sabtu (26/2/2022).

Arthur menyadari bahwa tema yang diangkat dalam dokumenter ini sangat berat. Oleh karena itu, dia cukup kesulitan untuk menemukan laki-laki dewasa dengan masalah serupa yang mau terbuka menceritakan kisah mereka.

"Ini adalah sebuah topik yang tak diragukan lagu membutuhkan lebih banyak diskusi, kesehatan mental laki-laki, dan ketergantungan kita sebagai bangsa terhadap obat antidepresan dan antikecemasan," jelas Arthur.

Penggunaan obat antidepresan di negara asal Arthur, Inggris, memang terbilang tinggi. Peresepan obat antidepresan di Inggris mencapai 7,2 juta orang atau 17 persen dari total populasi orang dewasa.

"Saya sendiri pernah ada di kondisi itu," ujar Arthur.

Selain Arthur, BBC Three juga akan memproduksi sebuah dokumenter yang menggandeng jebolan The X Factor lain, Janet Devlin. Dokumenter ini akan menyoroti isu alkoholisme pada wanita muda di Northern Irish. Dokumenter ini memiliki nama Janet Devlin: Young, Female and Addicted.

Seperti halnya Arthur, popularitas mendorong Devlin pada penggunaan alkohol dan tindakan menyakiti diri sendiri. Saat ini, Devlin sudah enam tahun terbebas dari konsumsi alkohol.

Melalui dokumenter terbaru ini, Devlin akan menunjukkan apa saja yang membuatnya terjebak dalam masalah penggunaan alkohol dan kecenderungan menyakiti diri sendiri. Devlin juga turut berbagi menangani apa yang bisa dilakukan untuk menolong orang-orang dengan masalah serupa.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement