Kamis 24 Feb 2022 13:27 WIB

Seniman yang Pernah Gunakan Organ Manusia Selain Arnold Putra

Arnold Putra mengklaim organ manusia yang dijadikan tas didapatnya secara legal.

Rep: Santi Sopia/ Red: Reiny Dwinanda
Desainer asal Indonesia, Arnold Putra, kini dicari polisi Brasil karena diduga terlibat dalam sindikat perdagangan organ manusia di Brasil.
Foto:

Vice World News telah menghubungi otoritas perbatasan Singapura dan Arnold untuk memberikan komentar tentang tuduhan perdagangan organ. Hanya saja, belum ada tanggapan dari mereka.

Dalam percakapan singkat dengan Vice World News yang berlangsung pada Januari 2022, Arnold mengatakan bahwa dia akan bepergian ke Singapura pada bulan Februari untuk perayaan Tahun Baru Imlek. Arnold yang telah mengunci akun Instagram-nya tidak menanggapi pertanyaan lanjutan seputar kunjungannya di bulan Februari.

Perdagangan organ tubuh manusia di pasar gelap sangat luas, canggih, dan melibatkan uang dalam jumlah banyak. Perdagangan organ tetap ilegal di hampir setiap negara meski spesifikasi undang-undangnya berbeda.

Penuntutan pun akan semakin rumit jika melibatkan lebih dari satu negara, menurut laporan pencegahan kejahatan yang dilakukan oleh pengawas global dan badan-badan seperti PBB. Di Brasil, pembelian dan penjualan organ tubuh manusia merupakan kejahatan yang dapat dikenai hukuman.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement