Jumat 18 Feb 2022 20:18 WIB

7 Makanan Ini Bisa Buat Tubuh Lebih Muda dan Kuat

Pemilihan makanan yang tepat bisa membuat tubuh lebih muda dan sehat.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Nora Azizah
Pemilihan makanan yang tepat bisa membuat tubuh lebih muda dan sehat.
Foto:

Kecambah Brokoli

Dalam kecambah brokoli terdapat sulforaphane yang tinggi. Ivanir menyebut sulforaphane sebagai senyawa ajaib untuk antipenuaan. Alasannya, sulforaphane dapat memperpanjang masa hidup sel dan mencegah neurodegenerasi terkait proses penuaan.

"Sulforaphane bisa juga ditemukan pada brokoli dan sayuran silangan lain, tapi 10 kali lebih tinggi pada kecambah brokoli," ungkap Ivanir.

 

Kefir dan Kubis Fermentasi

Produk susu fermentasi kefir dan sajian kubis fermentasi sauerkraut dikenal sebagai probiotik. Keduanya mengandung triliunan bakteri yang baik untuk kesehatan.

Asupan ini penting untuk menjaga keawetmudaan karena bakteri baik usus akan menurun seiring waktu. Menjaga mikrobioma bisa memberikan manfaat kesehatan yang luas karena usus berperan dalam berbagai sistem tubuh, seperti sistem imun, daur ulang hormon, produksi serotonin, dan penyerapan nutrisi.

 

Hati Sapi

Ivanir mengungkapkan bahwa hati sapi yang diberi pakan rumput merupakan salah satu sumber makanan yang padat gizi. Hati sapi ini kaya akan vitamin larut lemak seperti A, D, E, dan K yang semuanya berperan dalam kesehatan kulit. Vitamin A dan E juga merupakan antioksidan kuat yang melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan oksidatif terkait proses penuaan.

Hati sapi yang diberi pakan rumput diketahui juga tinggi akan mikronutrien, seperti tembaga dan glisin. Keduanya dapat membantu tubuh memproduksi kolagen, di mana kolagen dibutuhkan dalam menjaga keutuhan dan hidrasi kulit.

"Membuatnya terlihat muda," jelas Ivanir.

 

Pisang Belum Matang

Sajian pisang yang belum matang merupakan salah satu sumber prebiotik pati resisten yang sangat kaya. Pisang ini bermanfaat dalam menunjang kesehatan dan keragaman bakteri baik di usus. Kondisi ini akan mendorong terbentuknya usus yang sehat.

Usus yang sehat berkaitan dengan penurunan inflamasi, perbaikan imunitas, peningkatan penyerapan nutrisi, suasana hati yang lebih baik, dan berkurangnya masalah pencernaan. Semua hal tersebut dapat membuat seseorang terlihat dan merasa lebih muda.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement