Ahad 30 Jan 2022 17:03 WIB

Makanan yang Bagus untuk Sistem Kekebalan Tubuh, Cocok Dikonsumsi Saat Covid-19

Kebiasaan makan yang sehat dapat membantu Anda pulih dari penyakit seperti Covid-19.

Rep: Haura Hafizhah/ Red: Qommarria Rostanti
Makanan yang bagus untuk kekebalan tubuh. (Ilustrasi)
Foto: Boldsky
Makanan yang bagus untuk kekebalan tubuh. (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dalam hal pencegahan Covid-19, vaksinasi, booster, dan tindakan kesehatan lainnya seperti mengenakan masker di tempat umum tetap penting. Dengan perlindungan itu, bukan berarti Anda bisa 100 persen bebas dari Covid-19.

Dilansir di Every Day Health pada Sabtu (29/1/2022), menurut informasi terbaru dari Pusat Pengendalin dan Pencegahan Penyakit (CDC) Amerika Serikat (AS), vaksin Covid-19 saat ini diharapkan dapat melindungi dari penyakit parah dan rawat inap. Namun, kasus terobosan Covid-19 pada orang yang divaksinasi penuh kemungkinan akan terjadi.

Baca Juga

CDC juga mencatat bahwa gejala Covid-19 dapat mencakup demam, kedinginan, batuk, kelelahan, nyeri otot atau tubuh, sakit kepala, sakit tenggorokan, diare, kemacetan, sesak napas, dan kehilangan rasa atau bau.  

Secara umum, beberapa penelitian menunjukkan bahwa kebiasaan makan yang sehat dapat membantu Anda pulih dari penyakit seperti Covid-19. Berikut adalah daftar makanan dan minuman yang dapat membantu mendukung sistem kekebalan Anda saat sistem kekebalan Anda melawan virus Covid-19:

1. Sup ayam

Sup ayam telah terbukti meningkatkan aliran lendir dan membantu mengeluarkan virus. Mungkin karena asam amino tertentu, yang disebut sistein dalam sup ayam yang dapat memengaruhi aliran lendir. Sup ini bisa dibuat sendiri di rumah.

2. Kentang

Saat Anda menyiapkan sup, bisa masukan kentang juga. Keseimbangan cairan sangat penting ketika Anda melawan Covid-19 karena ini adalah penyakit pernapasan dan dehidrasi dapat mengentalkan sekresi pernapasan dan membuatnya sulit dibersihkan dari paru-paru Anda. Menurut Departemen Pertanian AS, setiap kentang sedang menawarkan 906 miligram (mg) potasium, menjadikannya sumber mineral yang baik. Bukan penggemar kentang dalam sup Anda? Pertimbangkan untuk mengemil pisang, alpukat, dan aprikot, yang merupakan sumber makanan potasium lainnya.

3. Air kelapa

Anda mengalami diare? Saatnya mengisi kembali elektrolit Anda.  Seperti yang dicatat Cedars-Sinai, elektrolit adalah mineral seperti kalium, natrium, dan kalsium yang dibutuhkan tubuh Anda untuk berkembang.  

Air kelapa adalah cara terbaik untuk menghidrasi dengan elektrolit alami dan tanpa gula. Untuk menghindari konsumsi gula tambahan, yang dapat menghambat kekebalan, pilihlah air kelapa tanpa pemanis.

4. Oat dan gandum utuh lainnya

Covid-19 menyebabkan peradangan di tubuh seperti halnya virus apapun. Jadi ketika Anda terinfeksi, makanan yang memiliki sifat antiinflamasi dapat membantu.  Satu kelompok makanan yang mudah diakses dapat memungkinkan Anda untuk menuai manfaat adalah biji-bijian. Oat, beras merah, dan roti gandum dapat menjadi pilihan.

5. Buah dan sayuran utuh

Mengonsumsi produk kaya vitamin secara alami penting untuk kesehatan, terlepas dari apakah Anda terpapar virus corona baru atau tidak. Tapi keseluruhan makanan antiinflamasi ini memiliki manfaat yang menjanjikan untuk mempercepat pemulihan Anda. 

Sebuah studi yang diterbitkan pada September 2021 di Jurnal Gut menemukan bahwa pola makan nabati tidak hanya menurunkan risiko pengembangan Covid-19, tetapi juga mengurangi keparahan gejala bagi mereka yang  terkena virus.  Anda sudah tahu kentang bermanfaat, tetapi cobalah memilih juga untuk pilihan lain, seperti semangka, stroberi, mentimun, dan selada gunung es, yang bersinar karena kandungan airnya yang tinggi.

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement