Selasa 15 Feb 2022 08:02 WIB

Tanda-Tanda Bayi Menangis karena Sakit

Perhatikan saat bayi menangis sambil menarik telinganya.

Rep: Wilda Fizriyani/ Red: Qommarria Rostanti
Tanda-tanda bayi menangis karena sakit. (ilustrasi)
Foto: www.freepik.com.
Tanda-tanda bayi menangis karena sakit. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, MALANG -- Menangis merupakan salah satu cara komunikasi bayi terutama yang baru lahir. Hal ini dilakukan karena bayi belum memiliki kemampuan komunikasi yang baik seperti manusia dewasa.

Ada banyak makna yang hadir dari tangisan bayi. Salah satunya, menangis pada bayi bisa berarti dia sedang mengalami kesakitan. Selain itu, bisa juga karena dia merasa bosan, lapar, dan tidak nyaman.

Baca Juga

Penny Warner dalam buku 365 Tip Mengasuh Bayi mengungkapkan sejumlah makna yang perlu diketahui orang tua saat anak menangis. Dalam buku tersebut dijelaskan sejumlah tanda bayi menangis karena sakit. Untuk lebih jelasnya, berikut ini paparan dari tanda-tanda tersebut:

1. Menarik telinga

Perhatikan saat bayi menangis sambil menarik telinganya atau menggosok kedua sisi wajahnya. Jika ini terjadi, maka tanda ini bisa mengindikasikan anak sedang mengalami kesakitan. Oleh karena itu, jangan ragu untuk menghubungi dokter apabila bayi perlu diperiksa lebih lanjut.

2. Menangis tanpa henti

Salah satu tanda bayi merasa sakit, yakni menangis tanpa henti. Bayi terus rewel meskipun orang tua telah berusaha menenangkannya.

3. Demam

Gejala ini sudah pasti anak sedang tidak baik-baik saja. Bayi yang terasa panas saat disentuh kemungkinan mengalami demam. Untuk lebih pastinya, orang tua bisa mengecek suhu dengan termometer agar lebih akurat.

4. Sesak napas

Tenda lain yang menunjukkan bayi sedang sakit, yaitu sesak napas. Segera mengubungi dokter apabila bayi kesulitan bernapas atau bernapas dengan sangat cepat.

5. Lesu

Lesu merupakan salah satu tanda bayi tidak dalam keadaan sehat. Hal ini mengindikasikan tingkat energi bayi jauh di bawah normal.

6. Wajah bayi

Cara untuk melihat arti tangisan bayi adalah wajahnya. Jika bayi pucat atau memerah, kemungkinan dia merasakan hal yang tidak enak dalam tubuhnya. Sebab itu, pastikan untuk berkonsultasi lebih lanjut dengan ahli kesehatan anak.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement