Ahad 13 Feb 2022 06:00 WIB

Enam Rahasia Mentimun yang Jarang Diketahui Menurut Sains

Banyak manfaat kesehatan yang terkait dengan mentimun dan sering kali tak disadari

Rep: Santi Sopia/ Red: Christiyaningsih
Banyak manfaat kesehatan yang terkait dengan mentimun dan sering kali tak disadari. Ilustrasi.
Foto: pixabay
Banyak manfaat kesehatan yang terkait dengan mentimun dan sering kali tak disadari. Ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Mentimun bisa dinikmati dalam beragam cara, baik dicampurkan di salad maupun dimakan langsung. Ada banyak manfaat kesehatan yang terkait dengan mentimun dan sering kali tidak disadari. Namun, ada juga beberapa efek samping lain yang harus lebih diwaspadai, terutama bagi yang memiliki masalah perut. Berikut beberapa fakta dari konsumsi mentimun, menurut sains, seperti dilansir dari Eat This, Jumat (11/2/2022).

1. Bantu cegah diabetes

Baca Juga

Saat mencoba menghindari diabetes, yang terbaik adalah mulai menyesuaikan pola makan dengan menghindari karbohidrat olahan, minuman manis, dan batasi daging merah, menurut Harvard Health. Selain pilihan makanan tersebut, penting juga untuk mulai makan lebih banyak makanan dengan indeks glikemik (GI) rendah.

GI adalah angka yang ditetapkan untuk makanan yang berbeda, mulai dari nol hingga 100. Semakin tinggi indeks glikemik suatu angka, semakin banyak gula darah seseorang akan naik setelah memakannya. Mentimun memiliki indeks glikemik 15, menjadikannya makanan dengan angka yang relatif rendah.

2. Membuat lebih terhidrasi

Menurut survei populasi Prancis dan Inggris yang diterbitkan oleh Nutrients, mentimun mengandung lebih dari 95 persen air. Artinya selain bisa menjadi camilan renyah, mentimun juga dapat membuat orang terhidrasi saat memakannya.

"Itu dapat membantu berkontribusi pada asupan cairan harian secara keseluruhan dan membuat Anda merasa terhidrasi dan tubuh Anda berfungsi secara optimal," kata Ahli Diet Terdaftar dan Ahli Nutrisi Bersertifikat, Kristin Gillespie.

3. Bantu turunkan berat badan

Hanya ada 16 kalori dalam satu gelas mentimun. Artinya, mentimun memiliki kepadatan energi yang rendah. Menurut sebuah studi nutrisi yang berfokus pada kepadatan energi makanan, ada hubungan antara mengonsumsi makanan dengan kepadatan energi yang lebih rendah dan penurunan berat badan. Selain itu, karena kandungan airnya yang tinggi, mentimun sangat mengenyangkan tapi tetap rendah kalori sehingga menjadikannya camilan bagus untuk penurunan berat badan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement