Selasa 08 Feb 2022 20:56 WIB

Keluarga Mendiang Robin Williams dan Komedian Lain Tuntut Pandora Bayar Royalti

Pandora dituduh belum pernah membayar sepeserpun atas sketsa komedi Robin Williams.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Reiny Dwinanda
Komedian sekaligus aktor Robin Williams meninggal pada 2014. Sketsa komedinya masih tersedia di Pandora, layanan streaming milik Xirius XM. Kini, keluarga mendiang Williams menggugat Pandora untuk membayar royalti.

Sehubungan dengan perjanjian lisensi, pengacara yang mewakili penggugat berpendapat bahwa kliennya harus diperlakukan seperti penyanyi-penulis lagu, mendapatkan royalti terpisah untuk karya terkait. Walaupun perusahaan seperti Pandora sering menegosiasikan lisensi hak musik dengan asosiasi seperti American Society of Composers, Authors and Publishers, kelompok-kelompok ini tidak melisensikan karya, seperti sketsa komedi.

"Pandora tahu itu melanggar hak. Selama ini Pandora menilai bahwa spoken word comedy tidak memiliki lisensi khusus dari asosiasi hak pertunjukan dan dapat menghadapi pertanggungjawaban signifikan atas pelanggaran hak cipta," kata para komedian, seperti dilansir Reuters, Selasa (8/2/2022).

Raksasa radio internet Sirius XM membeli Pandora seharga 3,5 miliar dolar AS pada 2018 untuk meningkatkan layanan streaming-nya melawan para pesaing, seperti Spotify dan Apple Music. Baik Sirius maupun pengacara para komedian tidak memberikan komentar lebih lanjut mengenai gugatan.

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement