Selasa 08 Feb 2022 17:00 WIB

Sering Panaskan Makanan dengan Wadah Plastik di Microwave, Risiko Kanker Meningkat

Breastcancer.org mengingatkan bahaya memanaskan makanan dengan wadah plastik.

Rep: Santi Sopia/ Red: Reiny Dwinanda
Memanaskan makanan dalam wadah plastik di microwave dapat meningkatkan risiko kanker, menurut Breastcancer.org. (ilustrasi).
Foto:

Canadian Cancer Society tidak menyetujui penggunaan wadah plastik yang dapat melarutkan lebih dari "jumlah yang sangat kecil" dari BPA. Sebaliknya, Cancer Research UK menyatakan bahwa penggunaan plastik sekalipun dengan BPA tidak meningkatkan risiko kanker.

Cancer Research UK mengutip studi yang mengungkap bahwa memanaskan kembali makanan dalam plastik yang mengandung BPA, bahkan selama berjam-jam, tidak akan menimbulkan risiko dan memengaruhi makanan tersebut. Jadi, makanan aman untuk dikonsumsi.

Di Inggris, Badan Standar Makanan bertugas memastikan semua plastik aman digunakan untuk makanan dan minuman. Terlepas dari kontroversi itu, BPA juga dikaitkan dengan obesitas, diabetes, dan masalah reproduksi selain kanker, menurut National Library of Medicine.

Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat (FDA) merekomendasikan wadah plastik yang telah diberi label saja yang aman untuk penggunaan microwave.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement