Senin 07 Feb 2022 17:00 WIB

Kolesterol Tinggi Akibat Faktor Keturunan, Tandanya Ada di 3 Bagian Tubuh Ini

Banyak orang tak sadar memiliki masalah kolesterol tinggi akibat faktor keturunan.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda
Dr Sandra Lee alias dr Pimple Popper memperlihatkan xanthelasma pada mata pasiennya. Xantelasma merupakan salah satu pertanda kolesterol tinggi, juga bisa karena faktor keturunan.
Foto:

Tak sedikit orang yang mengalami hiperkolesterolemia familial. Di Inggris, misalnya, satu dari 250 orang hidup dengan hiperkolesterolemia familial. Ironisnya, banyak orang tak menyadari bahwa mereka memiliki masalah kesehatan tersebut.

Seseorang yang mengalami gejala atau curiga menderita hiperkolesterolemia familial sebaiknya memeriksakan diri ke dokter terlebih dahulu. Saat berkonsultasi, ceritakan pula seperti apa riwayat kesehatan keluarga kepada dokter.

Dokter akan membantu untuk melakukan pengetesan kadar kolesterol. Pasien yang dicurigai mengidap hiperkolesterolemia familial bisa dirujuk kepada dokter spesialis yang memiliki keahlian khusus dalam merawat pasien dengan masalah tersebut.

"Deteksi dini dan terapi pencegahan merupakan kunci untuk mengobati FH (hiperkolesterolemia familial) secara efektif," pungkas BHF.

Pengidap hiperkolesterolemia familial biasanya akan diresepkan obat statin untuk mengelola kadar kolesterolnya. Sebagai penunjang, mereka juga sangat dianjurkan untuk menerapkan pola makan yang sehat dan seimbang. Menjaga berat badan yang sehat dan olahraga rutin pun sangat disarankan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement