Selasa 01 Feb 2022 06:54 WIB

FDA Resmi Setujui Vaksin Covid-19 Moderna 

FDA berharap persetujuan resmi akan membantu mengurangi keraguan terhadap vaksin.

Rep: Santi Sopia/ Red: Agung Sasongko
Vaksin moderna (ilustrasi). FDA berharap persetujuan resmi akan membantu mengurangi keraguan terhadap vaksin
Foto:

Hal yang terpenting, FDA berharap persetujuan resmi akan membantu mengurangi keraguan terhadap vaksin bagi banyak orang yang belum merasa nyaman mendapatkan vaksinasi. Pejabat Komisaris FDA, Janet Woodcock MD, mengakui dalam pengumuman tersebut bahwa pihaknya memahami beberapa individu yang punya keraguan. Persetujuan FDA terhadap vaksin ini dapat menambah kepercayaan diri dalam membuat keputusan untuk divaksinasi. 

“Publik dapat diyakinkan bahwa Spikevax memenuhi standar tinggi FDA untuk keamanan, efektivitas, dan kualitas produksi yang diperlukan untuk vaksin apa pun yang disetujui untuk digunakan di Amerika Serikat,” kata dia, seperti dilansir dari Slash Gear, Selasa (1/2/2022).

Selain itu, perlu dicatat bahwa Moderna akan terus melakukan studi keamanan setelah pemasarannya sendiri untuk menilai apakah ada risiko bagi orang tua atau bayi saat menggunakan Spikevax selama kehamilan. Selain itu, FDA telah mengakui bahwa ada peningkatan risiko peradangan otot jantung dan jaringan sekitarnya dalam waktu seminggu setelah mengambil dosis kedua. Moderna telah diminta untuk melanjutkan studinya sendiri untuk menilai lebih lanjut risiko tersebut. Setelah penilaian risikonya sendiri, ia yakin manfaat Spikevax melampaui risiko yang didokumentasikan. 

 

Peter Marks, MD PhD, direktur Pusat Evaluasi dan Penelitian Biologi FDA menawarkan kepastian dalam pengumuman tersebut. Dia menyatakan bahwa vaksin yang aman dan efektif adalah pertahanan terbaik melawan pandemi Covid-19. Hal ini termasuk untuk varian yang menyebar saat ini. “Publik dapat yakin bahwa vaksin ini telah disetujui sesuai dengan standar ilmiah ketat FDA,” kata Marks.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement