Sabtu 29 Jan 2022 21:08 WIB

Pakar Bagikan Tips Isolasi Mandiri di Saat Omicron Menyerang

Ketika isolasi mandiri jaga kondisi diri agar tidak memburuk.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Indira Rezkisari
Pasien Covid-19 beraktivitas di area tempat isolasi terpusat. Isolasi pasien virus corona dapat pula dilakukan mandiri di rumah dengan memperhatikan sejumlah syarat.
Foto:

Makan dan minum

Pasien yang menjalani isolasi, harus disuplai makan dan minumnya. Makanan untuk pasien ditaruh di meja didepan kamarnya. Pengantar makanan memberi tahu makanan sudah datang.

Setelah pengantar turun atau menjauh, baru pasien mengambil makanan. Pasien keluar kamar menggunakan masker. Tujuannya agar mencegah penularan ke orang sekitar.

Kebersihan baju

Pasien yang sedang isolasi mandiri, saat mandi, baju dilepas dan dimasukkan ke dalam tempat atau ember tertutup. Orang yang mengambil harus pakai masker dan sarung tangan. Baju bekas pasien tidak boleh dikebaskan.

Langsung saja direndam, langsung diberikan disinfektan atau air sabun. Rendam selama 30 menit sampai satu jam tergantung keadaan, setelah itu baru dicuci. Kemudian baju dijemur dan setrika taruh kembali di meja depan kamar.

Tetap tenang

Bagi pasien positif, tetap tenang. Bagi pasien muslim, tetap berdoa pada Allah, tingkatkan baca Alquran dan berdzikir. Ini akan meningkatkan ketenangan diri.

Selain itu, berusaha untuk tidak berdiskusi dengan topik yang melelahkan sehingga menggangu istirahat pasien. Karena dalam kondisi seperti ini, tidur harus cukup.

Ia menyarankan selesai makan pagi, minum obat, tidur, kemudian tidur selama satu jam. Setelah itu, persiapan makan siang, kemudian satu jam tidur lagi.

Usai sholat ashar, sebaiknya mengaji. Setelah waktu magrib, sholat magrib mengaji, dan makan.

Setelah itu, lanjutkan dengan interaksi dengan keluarga lewat video call atau wa keluarga untuk memberi kabar kondisi Anda.

"Lalu sholat Isya dan usahakan jam 8 sudah siap-siap untuk tidur. Jam 9 atau setengah 10 sudah terlelap lagi," sarannya.

Menurutnya jam tidur menjadi hal penting. Jangan sampai kita terjebak dengan kegiatan-kegiatan yang mengganggu waktu tidur.

Obat-obatan

Saat sakit, biasanya nafsu makan menurun. Karena banyak pasien ada keluhan mual, kembung akhirnya maag kambuh. Konsultasi dengan dokter dan jika ada obat maag bisa dikonsumsi.

Saat isolasi mandiri, sebaiknya konsultasi dengan dokter. Saat diagnosis pertama, laporkan dan konsultasi dengan rumah sakit tersebut untuk konsumsi obat.

"Isolasi mandiri tetap harus dalam keadaan terpantau, yang artinya apabila Anda membutuhkan sesuatu bantuan medis, Anda bisa terkontak dengan orang atau nomor yang sudah Anda punya," ujarnya.

Obat-obatan yang digunakan sesuai arahan dokter. Umumnya yang isolasi mandiri adalah gejala ringan.

photo
Infografis Gejala Omicron Muncul Setelah 48 Jam - (republika.co.id)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement